IPP di Indonesia Buruk, Masjid Didorong Jadi Miniatur SDGs

Sabtu, 27 November 2021 - 14:40 WIB
loading...
A A A
"Masyarakat dunia termasuk Indonesia tengah berhadapan dengan gejala volatility, ucertainty, complexity dan ambiguity (VUCA) dalam berbagai aspek kehidupan. Masjid-masjid kampus perlu berkontribusi menghasilkan pemikiran-pemikiran untuk menghadapi hal ini," katanya.

Sementara itu, Ketua YPM Salman ITB, Prof Suwarno berharap, Webinar Ilmiah Masjid III menjadi ajang berbagi gagasan maupun pengalaman kegiatan berbagai masjid, khususnya dalam konteks pencapaian SDGs di atas.

Lebih jauh lagi, seminar ilmiah yang telah digelar akhir pekan lalu dan menjadi kegiatan rutin tahunan AMKI ini juga diharapkan menjadi wadah menumbuhkan dan mengasah budaya intelektual di kalangan para aktivis dan takmir masjid.

"Tanpa budaya intelektual yang kokoh, tidak mungkin peradaban Islam akan kembali bangkit dan bersemi," kata Prof Suwarno yang juga menjabat Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB itu.

AMKI sebagai penyelenggara kegiatan seminar atau webinar ilmiah masjid ini adalah organisasi perhimpunan masjid-masjid kampus se-Indonesia yang berdiri pada tahun 2004.

Asosiasi ini berdiri sebagai hasil kesepakatan Kongres Masjid Kampus I di Masjid Salman ITB pada 29-30 Mei 2004. Saat ini, AMKI beranggotakan sekitar 200 masjid dari berbagai kampus PTN maupun PTS di seluruh Indonesia.

(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0899 seconds (0.1#10.140)