Siapkan Hotel Bintang 5 untuk ODP, Gubernur Sulsel: Program Wisata 14 Hari

Rabu, 22 April 2020 - 17:11 WIB
loading...
Siapkan Hotel Bintang 5 untuk ODP, Gubernur Sulsel: Program Wisata 14 Hari
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Wajo. Foto/Istimewa
A A A
WAJO - Pemprov Sulsel menyiapkan fasilitas hotel bintang lima bagi warga Sulsel berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Mereka akan dikarantina selama 14 hari di Swiss-Belhotel Makassar, Jalan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyebut agenda ini dikemas ke dalam program wisata selama 14 hari. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona alias covid-19 sejak dini yang dimulai dari status ODP.

"Kami di Makassar sudah membuat sebuah program wisata 14 hari di hotel. Hotelnya juga bintang lima. Jadi seluruh ODP yang berada di Sulsel kita akan isolasi di situ," ujar Gubernur Nurdin dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Wajo, Rabu (22/4/2020).

Dalam kunjungannya itu, Gubernur Nurdin turut mendapat laporan ada satu kasus positif corona dari klaster umrah dari Kabupaten Wajo. Lalu ada 57 orang berstatus ODP. Dia pun meminta agar warga ODP dari Wajo juga bisa dikarantina di hotel yang disediakan Pemprov Sulsel.

"Tadi kita sudah sampaikan ke pak bupati (Wajo), 57 orang itu mudah-mudahan bisa bergabung bersama dengan ODP-ODP yang lain dari berbagai daerah. Sehingga kita bisa betul-betul bisa memastikan bahwa dengan mengkarantina ODP-ODP ini yang dikemas dengan wisata 14 hari di hotel," paparnya.

Kunjungan kerja Gubernur Sulsel ke Kabupaten Wajo tidak hanya untuk mengecek kesiapan daerah dalam penanggulangan covid-19. Dalam kesempatannya, Gubernur Nurdin turut mendistribusikan alat pelindung diri (APD).

Bantuan dari Pemprov Sulsel dan para donatur ini disalurkan ke 10 kabupaten/kota di Sulsel yang membutuhkan. Di antaranya yakni Kabupaten Pinrang, Sidrap, Wajo, Soppeng, Bone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Takalar dan Gowa.

"Saya sudah keliling mengecek APD, hampir semuanya terpenuhi. Kita juga keliling bawa APD lengkap, standar (WHO). Jadi memang dokter, perawat kita harus kita lindungi, karena dia adalah garda terdepan untuk membuat masyarakat kita menjadi sehat," papar dia.

Adapun bantuan yang disalurkan Gubernur Sulsel ke tiap pemerintah kabupaten yakni, APD lengkap 5 unit, APD 20 unit, thermometer 5 unit, masker 5 boks, sarung tangan 1 dos, hand sanitizer 30 botol, face shield 10 unit dan alcohol swab 1 dos.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)