Screening Simulai PTM, Satu Siswa Sempat Positif Tes GeNose

Senin, 01 November 2021 - 19:12 WIB
loading...
Screening Simulai PTM, Satu Siswa Sempat Positif Tes GeNose
Tes GeNose di sejumlah sekolah mulai dilakukan sebelum PTM. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Screening simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SMP sudah mulai dilakukan. Hasilnya, satu siswa sempat dinyatakan positif berdasarkan tes GeNose saat screening pada Senin, (31/11/2021).

Diketahui, proses screening ini mulai dilakukan hingga hingga Rabu 3 November nanti. Screening sebagai bentuk pengawasan kesehatan siswa SMP yang telah menjalani simulasi PTM sejak 4 Oktober lalu.



Kepala SMPN 6 Makassar, Munir mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan screening melalui tes GoNose berjalan dengan baik. Semua siswa mendapatkan hasil negatif. Artinya, tidak ada siswa yang kondisi kesehatannya terganggu.

Hanya saja, kata Munir, memang ada satu siswa yang sempat mendapatkan hasil berbeda yakni positif. Akan tetapi, setelah dilakukan tes ulang menggunakan GeNose untuk kedua kalinya, hasilnya sudah berubah menjadi negatif.

“Tadi kasusnya positif ringan. Itu dikatakan positif ringan kalau satu kali tes hasilnya positif lalu keduanya negatif. Yang berat itu kalau dua kali positif. Itu disarankn swab,” terangnya, kepada SINDOnews, Senin (1/11/2021).

Menurut Munir, tes melalui GeNose cukup sensitif. Makanya hasil tesnya kadang berpengaruh jika tidak dilakukan dengan cermat. Seperti yang terjadi pada salah satu siswanya pada screening hari pertama.

“Misalnya tadi ada bau yang menyengat atau agak tajam, dia bisa mempengaruhi. Jadi nakesnya harus cermat memang. Tadi kan ada kasus itu, setelah dites ulang hasilnya sudah negatif,” ujarnya.

Sementara, di sekolah lain, screening siswa hasilnya baik. Semua negatif. Sehingga bisa tetap melanjutkan proses PTM sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan di awal.



“Sekitar 200-an siswa kita screening hari ini. Semua hasil tes GeNose mereka dinyatakan negatif. Artinya masih aman untuk melakukan PTM terbatas,” kata Kepala SMPN 3 Makassar, Kaswadi.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)