Unik, Peserta Donor Darah di Makassar Pakai Baju Era 80 hingga Seragam Veteran

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:50 WIB
loading...
Unik, Peserta Donor Darah di Makassar Pakai Baju Era 80 hingga Seragam Veteran
Aksi unik komunitas motor menggelar aksi donor darah dengan berpakaian era 80-an hingga seragam veteran di Kantor PMI Makassar, belum lama ini. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Suasana di Kantor PMI Kota Makassar dan Unit Transfusi Darah (UTD) Provinsi Sulawesi Selatan tampak beda dari biasanya, belum lama ini. Orang-orang datang dengan mengenakan pakaian yang cukup unik .

Di Kantor PMI Makassar , komunitas motor Bold Riders melakukan rolling city lebih dulu keliling kota dengan start dari Jalan Andi Pangerang Pettarani, Kota Makassar. Tapi yang mengagetkan, sebagian besar dari mereka tidak mengenakan pakaian touring seperti layaknya anak motor. Mereka justru memakai baju era 80-an. Aksi mereka ini sebagai bagian dari kegiatan kepedulian donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’.

“Gaya anak-anak motor ini memang lain daripada yang lain. Mereka memakai baju-baju jadul. Jadi ada yang bergaya seperti Elvis Presley, ada juga yang pakai baju security. Pokoknya mereka punya cara sendiri untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan donor darah ini,” kata Dwi Wijayanto selaku Koordinator Acara, Senin (24/10).



Gaya tak kalah unik ditampilkan Komunitas Onthel saat menyambangi UTD Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka datang dengan mengenakan seragam veteran. Bahkan sebelum mengikuti donor , komunitas ini membacakan ikrar Sumpah Pemuda.

Begitu juga dengan Komunitas Timur dari Rumah Kita yang merupakan wadah bagi anak muda untuk berkreasi positif. Mereka kompak mengenakan baju seragam datang untuk donor darah di UTD Provinsi Sulawesi Selatan.

Total ada 101 komunitas di Makassar, Gowa, Maros, dan Takalar yang ikut serta dalam kegiatan donor darah memperingati Sumpah Pemuda ini. Dari Super Friends, terdapat komunitas supporter seperti The Macz Man, Red Gank, hingga Laskar Ayam Jantan. Selain itu ada juga fans Eropa yang tergabun dalam Super Euro Makassar dan komunitas motor Bold Riders dan Riderhood. Tidak ketinggalan perwakilan Komunitas Timur dari Rumah Kita.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan diantara ribuan anggota komunitas, Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Program tersebut diantaranya ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 H pada 20-23 Juli 2021. Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

Baca Juga: PKB Makassar Gelar Aksi Donor Darah untuk Kemanusiaan

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi kita didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)