Meminimalisir Dampak Negatif Penggunaan Internet dengan Pemberantasan Kejahatan Siber

Kamis, 28 Oktober 2021 - 07:27 WIB
loading...
A A A
Pengetahuan dasar tentang penggunaan perangkat digital, meskipun terlihat sepele, namun harus dipahami betul bagaimana penggunaannya secara cerdas sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Mampu memilih aplikasi percakapan dan media sosial sesuai kebutuhan serta memahami risikonya.

”Kemudian, mesin telusur selain merupakan dasar untuk mencari informasi, juga untuk memverifikasi informasi. Pun dengan aplikasi percakapan dan media sosial, tidak hanya bisa paham penggunaannya tapi harus tahu bagaimana mengatur setelan dan privasinya,” ujar Santi Indra Astuti.

Di era kenormalan baru ini, Santi berpendapat, masyarakat seolah sudah disiapkan untuk menjadi cashless society, masyarakat non tunai. Karena itu, wajib bagi pengguna media digital memahami penggunaan dompet digital, juga paham alur dan risiko dari transaksi elektronik. Baca Juga: Kapolres Batu Ungkap Motif Pelaku Aniaya Bayi dengan Rokok dan Air Panas.

Webinar literasi digital yang disiarkan secara streaming di 40 kota se-Jawa Tengah dan DI Yogyakarta itu dipandu oleh Kneysa Sastrawijaya (business owner). Selain Kombes Johanson dan Santi Indra, hadir dua narasumber lain, yakni Romo Melkyor (Pastor Paroki St. Theresia Bongsari Kabupaten Semarang), Hikmahanto Juwana (Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani), serta Sri Rezeki (Duta Wisata Jateng 2019) sebagai key opinion leader.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3283 seconds (0.1#10.140)