Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia Bakal Digelar di Kawasan Dana Toba

Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:11 WIB
loading...
Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia Bakal Digelar di Kawasan Dana Toba
Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia, Ir Gamal Nasir menyerahkan buku tersebut kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Jumat (22/10/2021) lalu. (Ist)
A A A
MEDAN - Dalam rangka Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia, Dewan Rempah Indonesia (DRI) menerbitkan buku Penetapan Hari Rempah Nasional 11 Desember dan Membangkitkan Kejayaan Rempah Indonesia, yang akan digelar 10 – 12 Desember di Hotel Niagara, Danau Toba , Parapat , Sumatera Utara.

Secara simbolis Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia, Ir Gamal Nasir menyerahkan buku tersebut kepada Gubernur Sumatera Utara , Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Jumat (22/10/2021) lalu.

Gubernur Sumut sendiri sangat mengapresiasi rencana kegiatan tersebut. “ Kita Sangat mendukung kegiatan tersebut," ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Medan, Jumat (22/10/2021) lalu.

Penyerahan buku disaksikan Ketua DRI Sumut, Nawal Lubis ,Wakil Ketua DRI Sumut, Khairul Mahalli, Dewan Pakar DRI Sumut
Tonny Silvaraj,Kadis Perkebunan Sumut dan Kadis Pariwisata Sumut.

Acara besar ini digagas oleh Dewan Rempah Indonesia (DRI) bersama dengan Kementerian Pertanian dan Kadin Sumatera Utara, serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).

Selain itu juga mendapatkan dukungan penuh dari Kadin Indonesia, Pemerintah Daerah Sumatera Utara, dan
Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves), Kementerian Perindustrian , Kementerian Perdagangan , kementrian Koperasi dan UKM, kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Pemerintah lainnya .

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sumut , Khairul Mahali selaku wakil Ketua Dewan Rempah Indonesia (DRI) Provinsi Sumut menyatakan sudah ada tiga agenda tetap pada penyelenggaraan ISBFE 2021 di Parapat-Danau Toba nanti, yaitu
seminar nasional tentang produk dan prospek rempah tradisional yang berkualitas nasional bahkan internasional.

Forum kontak bisnis dan klinik ekspor rempah nasional asal Sumut dan pemilihan duta rempah Nusantara. " Tapi bisa saja agenda dan materinya berkembang sesuai kebutuhan dan urgensinya nanti,"ujar Khairul. Baca: Curi Handphone Milik Bosnya, Karyawan Gudang Ditangkap saat Tidur Pulas.

Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia ini akan diikuti oleh berbagai komponen pemangku kepentingan rempah di seluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan dari negara-negara lain yang selama ini merupakan importir dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia, antara lain, Uni Emirat Arab, India , Maroko, Algeria, Singapura, Tunisia , Amerika
Serikat , Belanda , Brazil , Jerman , Belgia dan lainnya. Baca Juga: BPBD Karawang Ingatkan Bahaya La Nina saat Musim Hujan.

Acara Pertemuan Bisnis dan Ekspo Rempah 2021 ( ISBFE 2021 ) ini sekaligus merupakan perwujudan dari amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tahun 2017 yang mengamanatkan kepada semua pemangku kepentingan rempah Indonesia untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)