Lewat Inacraft 2024, Pemkab Toba Unjuk Gigi ke Dunia Internasional

Jum'at, 01 Maret 2024 - 08:39 WIB
loading...
Lewat Inacraft 2024, Pemkab Toba Unjuk Gigi ke Dunia Internasional
Pemkab Toba mencoba unjuk gigi dalam kegiatan Pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) yang digelar di JCC Senayan, Jakarta. Foto/Ist
A A A
DANAU TOBA - Pemkab Toba coba unjuk gigi dalam kegiatan Pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta mulai 28 Februari - 3 Maret 2024.

Dalam kegiatan itu Pemkab Toba memerkan sejumlah produk Koperasi dan UMKM seperti kain tenun ulos.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Toba Rita Marlina Poltak Sitorus menyambut baik gelaran Inacraft ini lantaran mampu meningkatkan ekonomi nasional, khususnya Ulos Sirara, Ulos Tumtuman yang dibuat oleh penenun yang dilihat hasilnya sangat halus.

“Apalagi saat ini para penenun ulos di Toba sudah banyak dikenal (beberapa kementerian). Dan, memang kami dikenal tenunan dengan menggunakan gedogan,” kata Rita Marlina saat ditemui di stand Kabupaten Toba, Rabu (28/2/2024).



Sebelumnya diketahui, kegiatan ini menjadi atensi pemerintah pusat. Hal itu terbukti dengan acara yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan Iriana, Menteri, hingga pimpinan TNI-Polri hingga Dwiannie Dessy yang juga merupakan istri Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin.

Rita menilai kegiatan ini selaras dengan keinginan Dekranasda Kabupaten Toba yang ingin budaya menenun dilestarikan agar tidak tergerus oleh penggunaan mesin dalam pembuatan kain tenun.

Karena itulah, selain memberi pengetahuan UMKM, pihaknya juga bekerjasama dengan dengan kementrian pariwisata terkait diberitakan pelatihan cara membuat pewarnaan kain secara alami.

“Berharap kedepannya seluruh para penenun di Toba terus meningkat dan berkembang termasuk turunannya. Seperti yang saya kenakan saat ini. Ini adalah tenunan dari gedogan yang saya buat jadi outer dan ternyata peminatnya cukup banyak,” tambahnya sembari menegaskan kain bisa dipakai sehari-hari.

Bersamaan, Agustina selaku Ketua Bidang Koperasi UKM Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan Dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Toba mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Deskranasda Toba untuk mempromosikan produk produk kerajinan yang ada di Toba melalui pameran Inacraft 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)