Tim SAR Menyelam ke Danau Toba Cari 10 Korban Banjir Bandang Humbalas

Selasa, 05 Desember 2023 - 10:23 WIB
loading...
Tim SAR Menyelam ke Danau Toba Cari 10 Korban Banjir Bandang Humbalas
Tim SAR bersiap melakukan pencarian 10 korban banjir bandang dan tanah longsor di Humbahas dengan menyelam ke Danau Toba. Foto/Dok.Basarnas
A A A
HUMBAHAS - Pencarian korban banjir bandang dan tanah longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara telah memasuki hari keempat, Selasa (5/12/2023).

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Medan Budiono, mengatakan pencarian hari ini melibatkan sedikitnya 535 orang dari berbagai Instansi dan organisasi yang terlibat yang nantinya akan dibagi menjadi 3 unit (SRU).



Tim SRU I Melakukan pencarian di Permukaan air menggunakan perahu LCR dan Aqua Eye utk mendeteksi keberadaan korban di dalam air perairan Danau Toba.

"Pencarian di dalam air hari ini melibatkan penyelam dari tim Basarnas Spesial Group (BSG)," kata Budiono.



Sementara itu, SRU II melakukan pencarian menggunakan alat berat Excavator dan didampingi tim scouting darat di area batas jalan menuju tepi danau. Sedangkan SRU III melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi Tim scouting darat di area batas jalan menuju arah bukit.

"Selain itu tim nanti juga akan dibantu anjing pelacak dari pihak kepolisian." kata Budiono.



Diketahui sebelumnya pada Jumat, 1 Desember 2023, sekitar Pukul 21.30 WIB, banjir bandang dan longsor menerjang kawasan pemukiman penduduk di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Sebanyak 12 orang dinyatakan hilang dalam peristiwa tersebut. Setelah upaya pencarian dilakukan, dua orang korban telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan telah diserahkan kepada pihak keluarga.

Selanjutnya tim masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap 10 korban yang masih dinyatakan hilang.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)