Prabu Siliwangi Sosok Pemimpin Kharismatik dan Pengayom di Tatar Sunda

Rabu, 20 Oktober 2021 - 08:00 WIB
loading...
Prabu Siliwangi Sosok Pemimpin Kharismatik dan Pengayom di Tatar Sunda
Raja Pajajaran Prabu Siliwangi konon begitu dihormati oleh kepercayaan lokal. (Ist)
A A A
BANDUNG - Raja Pajajaran Prabu Siliwangi konon begitu dihormati oleh kepercayaan lokal. Kepercayaan lokal tradisional di Sunda Wiwitan, menyebut tokoh Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi adalah sosok pemimpin ideal dan memiliki pengaruh besar di masyarakat Sunda.

Selama masa hidupnya, Prabu Siliwangi begitu dihormati semua rakyatnya. Sebagaimana dikisahkan pada buku Hitam Putih Pajajaran: dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran tulisan Fery Taufiq El Jaquene.

Tak hanya diakui akan kepemimpinannya, sebagai leluhur para manak atau bangsawan Sunda, dan dipercaya selalu mengayomi semua masyarakat tidak pandang ras, suku, budaya, dan agama. Ia satu-satunya raja yang namanya hingga sekarang masih menjadi idola di masyarakat Sunda.

Konon kompleks Pura Parahiyangan Agung Jagatkarta yang terletak di lereng utara Gunung Salak, terdapat candi yang dibangun orang terdahulu sebagai bentuk ekspresi memuliakan tokoh Sunda Prabu Siliwangi. Pura ini berada di daerah Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Bahkan di agama Konghucu, Prabu Siliwangi juga dipuja dan memiliki bangunan tersendiri pada Vihara Nam hai Se Im Pu Sa, Simpena, Sukabumi, Jawa Barat.

Pengkultusan Prabu Siliwangi ini terekam dalam carita pantun Langga Larang, Babakcatra, Siliwangi, dan Haturwangi. Keempat cerita pantun ini disebut dalam naskah Siksa Kandang Karesian yang memiliki bahasa dan aksara Sunda kuno. Baca: Ribuan Narapidana di Jawa Timur Bebas Lewat Asimilasi dan Integrasi Rumah.

Tercatat naskah ini muncul pada tahun 1518 Masehi, yang menyatakan bahwa Kerajaan Pajajaran masih berdiri di bawah naungan Sri Baduga Maharaja. Di tahun 1518 Masehi, Sri Baduga Maharaja sudah menjadi tokoh cerita pantun.

Prabu Siliwangi menjadi simbolis sejarah yang tidak termaktub dalam teks dan rangakaian cerita rakyat yang turun temurun saja. Namun namanya kerap digunakan sebagai legitimasi politik para bupati dan bangsawan Sunda. Baca Juga: Kunjungi Desa Wisata, Eva Stevany Harap Kole Sawangan Jadi Ikon Baru Pariwisata.

Pada naskah yang ditemukan Sutaarga pada abad ke-19 Masehi, nama Prabu Siliwangi dimuat sebagai fasilitas kebutuhan para bupati yang berkuasa di berbagai kabupaten di Jawa Barat, khususnya Priangan. Melalui babad- babad kekeluargaan, mereka ingin menggabungkan trahnya hingga menuju ke Prabu Siliwangi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)