Solar Langka, Antrean Kendaraan Mengular di SPBU Semarang dan Salatiga

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 17:15 WIB
loading...
Solar Langka, Antrean Kendaraan Mengular di SPBU Semarang dan Salatiga
Sejumlah truk, bus dan kendaraan bermotor bermesin diesel lainnya saat antre bio solar di SPBU Tengaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (16/10/2021). Foto/SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SEMARANG - Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis bio solar membuat antrean truk, bus dan kendaraan bermotor bermesin diesel lainnya mengular di SPBU Kabupaten Semarang dan Salatiga, Sabtu (16/10/2021). Di antaranya terlihat di SPBU Tengaran, Kabupaten Semarang.

Antrean kendaraan ini merupakan imbas dari minimnya ketersediaan stok bio solar sejumlah SPBU di wilayah Kabupaten Semarang dan Salatiga.



Seorang sopir truk Yuwono (36) warga Tengaran menuturkan, kondisi ini terjadi sejak pekan lalu. Stok bio solar yang dimiliki sejumlah SPBU terbatas sehingga cepat habis.

"Solar sekarang langka. Kondisi ini merata di sejumlah daerah. Beberapa hari lalu, saya dari Klaten sampai Salatiga tidak dapat solar. Semua SPBU disepanjang jalan dari Klaten hingga Salatiga kehabisan solar," katanya, Sabtu (16/10/2021).

Dia mengeluhkan minimnya stok bio solar di SPBU. Sebab kondisi ini sangat berpengaruh pada pekerjaannya selaku sopir truk.

"Kalau tidak ada bio solar, mau berangkat kerja ya tidak bisa. Kalau mobil (truk) diisi dexlite, biaya operasional naik sementara harga jual pasir dan material lainnya tidak bisa serta merta naik," ujarnya.



Sopir truk lainnya, Edi (39) waga Sumowono, Kabupaten Semarang mengatakan, minimnya stok bio solar di SPBU membuat sopir truk kebingungan. Para sopir harus mencari solar dulu sebelum berangkat ke lokasi tambang pasir.

"Kalau tidak dapat solar, terpaksa balik ke rumah. Tidak jadi kerja. Sebab kalau nekat berangkat, bisa kehabisan solar di jalan. Itu pernah saya alami, akhirnya terpaksa mengisi BBM dengan dexlite. Akibatnya, saya pulang tidak membawa uang," ujarnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)