Puluhan Makam Kuno Kepala Menghadap Timur Gegerkan Blora

Senin, 11 Oktober 2021 - 21:12 WIB
loading...
Puluhan Makam Kuno Kepala Menghadap Timur Gegerkan Blora
Makam kuno yang berusia ribuan tahun ditemukan di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Foto/iNewsTV/Heri Purnomo
A A A
BLORA - Puluhan makam kuno yang berusia ribuan tahun ditemukan di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Uniknya makam tersebut terbuat dari batu alam dan makamnya mengarah timur-barat. Panjang makam rata-rata dua setengah meter. Pemerintah Desa menjadikan situs ini wisata desa makam Wong Kalang.

Situs kuno makam Wong Kalang yang usianya kurang lebih 2.500 tahun sebelum masehi. Uniknya makam ini terbuat dari lempengan batu alam atau para ahli cagar budaya menyebutnya batu tuff. Panjangnya dua setengah meter tanpa nisan.

Baca juga: Barang Mewah Pada Zamannya, Toilet Kuno Berusia 2.700 Ditemukan di Yerusalem

Makam Wong Kalang ini masuk salah satu cagar budaya di Kabupaten Blora. Tim ahli cagar budaya dari Sangiran sudah pernah meneliti, di mana ini merupakan makam nenek moyang di zaman pra sejarah.

Berbeda dengan makam lainnya, konon kepala di timur adalah sebagai tanda awal dari kehidupan seperti terbitnya matahari. Sedangkan kaki di barat sebagai tanda akhir kehidupan memghadap sang kholik, matahari tenggelam.

Makam ini letaknya di atas bukit di tengah hutan jati milik perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cepu.
Untuk menuju ke makam Wong Kalang harus jalan kaki kurang lebih satu setengah kilometer.

Baca juga: Arca Kuno Berbentuk Patung Manusia dan Piring Batu Hebohkan Labuhanbatu Utara

Kepala Desa Bleboh, Leles Budiyanto menyebut, sudah 23 makam Wong Kalang ditemukan di Bukit Pontang. Namun ada yang sudah rusak karena batunya diambil warga karena ketidak tahuan tentang sejarah.

Sementara Wakil Ketua DPRD Blora, pihaknya mendukung pembangunan akses jalan, sarana prasarana lainnya, karena di Desa Bleboh ini ada sumber mata air artetis.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2058 seconds (11.252#12.26)