Sinergi BNPB Bersama BPBD, Tebar 500 Ribu Masker di Penjuru Provinsi Sulut

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 10:16 WIB
loading...
Sinergi BNPB Bersama BPBD, Tebar 500 Ribu Masker di Penjuru Provinsi Sulut
BNPB bersama BPBD Provinsi Sulut, membagikan masker di sejumlah kota, untuk menekan angka penularan COVID-19. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Sejumlah kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi sasaran program dinergi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, yakni pembagian 500 ribu masker untuk masyarakat.



Program sinergi ini akan dilaksanakan di Kota Manado, Kota Tomohon, dan Kota Bitung. Pembagian masker ini merupakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menangani pandemi COVID-19. Pemberian masker ini akan diwujudkan dengan kegiatan mobil masker. yang melibatkan 250 relawan Sulut Hebat Kompak Lawan COVID-19.



"Gerakan mobil masker akan dilaksanakan di kantor Gubernur rencananya dihadiri Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Forkopimda. Kegiatan ini akan membagikan 500.000 masker, 100.000 hand sanitizer, dan 100.000 sabun cuci tangan, serta akan melibatkan 250 relawan yang akan membantu pelaksanaan," kata Kepala BPBD Sulut, Joi Oroh, Sabtu (9/10/2021).



Dijelaskan Joi, bahwa pemberian masker maupun hand sanitizer dan sabun cuci tangan akan dikhususkan di Kota Manado terlebih dahulu dengan rute Mapanget, Karombasan, sampai Malalayang, dan Boulevard hingga Manado Utara.

"Untuk masker kurang lebih 30.000. Dipusatkan dari Kawasan Marina, dan kami sudah menyiapkan baliho serta alat peraga," ujar Joi didampingi Plt Kepala BPBD Manado, Peter Eman, Kepala BPBD Tomohon, Robby Kalangi, dan Sekretaris BPBD Bitung, Alvino Mongkol.

Pada hari kedua pembagian dipusatkan di Kota Tomohon, yang difokuskan untuk lima kecamatan. Kegiatan dipusatkan di menara Alfa Omega. "Dari situ kita sebarkan ke gereja-gereja yang jumlah umatnya banyak," tutur Joi.



Selanjutnya pembagian masker dilanjutkan ke Kota Bitung, dengan titik kumpul di kompleks kantor Wali Kota Bitung dan akan menyebar personel ke empat titik penjuru. "Ke arah Winenet, Danowudu, Pelabuhan Bitung, dan Pasar Girian," tambah Joi.

Kata Joi pembagian masker ini guna mengedukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker. Walaupun kasus COVID-19 di Sulut lagi melandai tapi semua harus patuh protokol kesehatan. Selain itu giat ini juga untuk mencegah gelombang ketiga pandemi COVID-19. "Penanganan COVID-19 ini harus dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan," pungkas Joi.

Sementara Koordinator Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan COVID-19 Risat Sanger didampingi Jubir Relawan Ronald Ginting mengapresiasi kegiatan tersebut. "Kita harus cegah dari sekarang," kata keduanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3791 seconds (0.1#10.140)