Warga Ligung yang Mudik dari Jakarta Dipastikan Negatif Corona

Selasa, 21 April 2020 - 23:02 WIB
loading...
Warga Ligung yang Mudik dari Jakarta Dipastikan Negatif Corona
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Majalengka Eman Suherman (memakai masker hijau) meninjau posko daerah perbatasan Majalengka-Indramayu di Desa Ampel, Kecamatan Ligung. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Majalengka memastikan pasien dalam pengawan (PDP) yang baru mudik dari Jakarta pada Minggu (19/4/2020) kemarin, negatif Corona.

Kepastian itu diperoleh berdasarkan hasil tes swab yang bersangkutan saat masih berada di Jakarta beberapa hari sebelumyang bersangkutan mudik ke Kecamatan Ligung.

Sebelum mudik, yang bersangkutan diketahui sempat mendapat pemantauan sebagai PDP di RS TNI AL DR Mintohardjo, Jakarta. Dari hasil tes Swab dua kali, warga dari Kecamatan Ligung yang sudah tinggal di Jakarta bersama suaminya sejak 10 tahun lalu itu, dinyatakan negatif.

"Kami nyatakan dengan tegas yang (warga kecamatan Ligung) saat ini PDP dan dirawat di RSUD Cideres itu negatif covid 19 berdasarkan hasil Swab. Hal ini dikuatkan oleh surat keterangan dari RS TNI AL DR Mintohardjo Jakarta yang menyatakan yan bersangkutan negatif corona," kata Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Majalengka Eman Suherman, Senin (20/4/2020).

Camat Ligung Maman Komarudin mengatakan, masyarakat di kecamatan Ligung sempat dihebohkan dengan kabar adanya salah satu warga yang baru pulang dari Jakarta positif Corona.

Mamang mengatakan, kabar tentang positif Corona memang hasil dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap yang bersangkutan, di luar dari hasil swab saat masih di Jakarta.

"Hasil rapid test yang dilakukan tim medis Puskesmas Ligung positif. Padahal rapid test tersebut hanya untuk mengukur dan memeriksa antibody, bukan untuk tes Covid 19. Itu kata dokter (di RS Jakarta) yang menangani saat kami telepon Senin (20/4/2020) malam,” kata Maman.

Setelah hasil swab di Jakarta menunjukan negatif, ujar dia, pihak rumah sakit membolehkan yang bersangkutan pulang, tetapi harus menjalani isolasi mandiri.

Namun, karena ada sesuatu hal, yang bersangkutan tidak melakukan isolasi mandiri di Jakarta dan memilih pulang kampung di Kecamatan Ligung. "Dia memilih pulang ke kampung halaman, walaupun status kependudukannya warga DKI Jakarta," ujar Camat.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Perawatan RSUD Cideres dokter Egga Bramasta Akidapi mengatakan kondisi PDP tersebut saat ini dalam keadaan bagus.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)