Usung Misi Jabar Sahabat Papua, Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Sorong

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 11:24 WIB
loading...
A A A
"Saya doakan, dengan kehadiran alun-alun ini, Kabupaten Sorong semakin maju. Pesan saya, setiap hari harus ada yang baru. Anak-anak harus pintar, sejahtera, dan hebat dari orang tuanya. Jangan sebaliknya," kata Kang Emil.

Sementara itu, Bupati Sorong, Johny Kamuru menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi Ridwan Kamil yang telah mendesain Alun-alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda. "Saya mengucapkan terima kasih banyak, apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak di sini," ungkap Kamuru.

"Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin (kasus) Corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini (Papua), luar biasa," sambung Kamuru.

Diakui Kamuru, pihaknya meminta bantuan Ridwan Kamil untuk mengubah wajah Kabupaten Sorong, khususnya DiatrikAimas menjadi sebuah kota yang modern sebagai salah satu visinya saat mencalonkan diri menjadi Bupati Sorong. "Saya pikir (Ridwan Kamil) yang terbaik karena memiliki banyak gagasan. Kita lalu berangkat ke Bandung. Beliau sendiri yang gambar (alun-alun) secara keseluruhan," ungkapnya.

Menurut Kamuru, revitalisasi sisi utara Alun-alun Kabupaten Sorong ini telah menghabiskan dana sekitar Rp22 miliar yang seluruhnya berasal dari APBD Kabupaten Sorong.

"Bagian sisi utara ini dibangun dengan dana APBD sekitar Rp22 miliar. Total seluruh ini (sisi utara dan selatan) Rp52 atau Rp53 miliar," sebut Kamuru seraya menyambut gembira kabar pemerintah pusat yang akan mendanai revitalisasi sisi selatan alun-alun yang disampaikan Ridwan Kamil.

Kamuru pun menegaskan bahwa Alun-alun Kabupaten Sorong merupakan milik masyarakat Kabupaten Sorong. Oleh karenanya, dia berharap, masyarakat pun mempunyai rasa memiliki dengan cara merawat alun-alun ini.

"Sepanjang pengetahuan saya, ini merupakan inovasi (kerja sama Papua dengan daerah lain) pertama di Tanah Papua. Jadi, alun-alun ini milik kita semua. Kalau kita merasa memiliki, berarti kita harus jaga," tegas Kamuru.

Selain meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong, Ridwan Kamil akan melaksanakan agenda lain dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Papua, di antaranya menghadiri Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe dan menyemangati kontingen Jabar yang berlaga di PON XX Papua 2021, Sabtu (2/10/2021) besok.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3578 seconds (0.1#10.140)