Usung Misi Jabar Sahabat Papua, Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Sorong

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 11:24 WIB
loading...
Usung Misi Jabar Sahabat Papua, Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Sorong
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bersama Bupati Sorong, Johny Kamuru saat peresmian Alun-alun Kabupaten Sorong di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Jumat (1/10/2021). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
SORONG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil hadir di Kabupaten Sorong dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Jumat (1/10/2021). Kehadiran Ridwan Kamil di Kabupaten Sorong dalam rangka meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong yang kini tampil dengan wajah baru.

Didampingi sang istri, Atalia Praratya, kehadiran Ridwan Kamil dan rombongan disambut tari-tarian tradisional Papua dan Jabar yang dibawakan warga Sorong. Peresmian alun-alun juga ditandai dengan pemotongan pita di pintu gerbang alun-alun oleh Ridwan Kamil dan Bupati Sorong, Johny Kamuru serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Sorong dan pihak-pihak terkait lainnya.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri sudah diinisiasi sejak 2017 silam. Ridwan Kamil mendedikasikan ilmu arsitekturnya untuk merancang wajah baru alun-alun yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong itu.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengakui bahwa dirinya diminta Bupati Sorong, Johny Kamuru untuk merancang wajah baru Alun-alun Kabupaten Sorong saat dirinya menjabat Wali Kota Bandung. "Nah waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun-alun," ungkap Ridwan Kamil.

Kang Emil pun kemudian mulai mendesain alun-alun tersebut. Menurutnya, sebagai ruang terbuka publik, alun-alun merupakan tempat yang istimewa dan jantung kota tempat warga berkumpul. Bahkan, kata Kang Emil, alun-alun pun dapat menjadi wadah untuk berdemokrasi. "Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya," kata Kang Emil.

Salah satu sisi menarik dari alun-alun tersebut, yakni adanya bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar. Kang Emil mengungkapkan bahwa hadirnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong. "Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur," katanya.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri terbagi atas dua sisi, yakni sisi utara dan selatan. Kang Emil meresmikan alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi. Menurut Kang Emil, alun-alun sisi selatan nantinya akan hadir lebih megah.

Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, lanjut Kang Emil, dia bahkan sudah melobi pemerintah pusat melalui Menkopolhulam, Mahfud MD untuk membantu pembiayaan revitalisasi sisi selatan Alun-alun Kabupaten Sorong itu.

"Kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat melalui Pak Mahfud MD (Menkopolhukam) yang rencananya akan membiayai pembangunan alun-alun tahap dua ini," ungkap Kang Emil.

Kang Emil berharap, kehadiran wajah baru Alun-alun Kabupaten Sorong membawa kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sorong. Kang Emil pun menyatakan bahwa kerja sama yang salah satunya diwujudkan melalui revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong ini merupakan wujud kebersamaan antara Jabar dan Papua sebagai provinsi yang bersahabat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)