Komnas HAM Papua Sebut Aksi Kekerasan KKB Bercirikan Teroris

Rabu, 29 September 2021 - 12:42 WIB
loading...
A A A
"Tindakan mereka bisa dikategorikan sebagai kelompok bercirikan teroris," tandasnya.

Sementara staf ahli Watimpres, Sri Yunanto menjelaskan, jika ditengok definisi teroris menurut Undang-Undang nomor 5 tahun 2018, KKB ini sudah masuk ke dalam kriteria teroris.

Secara teori, kata dia, sebuah kelompok dikategorikan sebagai kelompok teroris apabila memenuhi beberapa indikator. Di antaranya yaitu menggunakan kekerasan sebagai strategi utama, menolak negosiasi, menyebar teror dan propaganda palsu, serta menyerang warga sipi.

"Berdasarkan indikator tersebut, TPNPB OPM (KKB) dapat dikategorikan sebagai kelompok teroris karena dapat dilihat gerakannya mereka menyerang warga sipil, menolak proses dialog, merusak obyek vital umum, dan menyebabkan ketakutan," jelasnya

Dialog Kemanusiaan

Sri Yunanto menjelaskan, dirinya tahu persis pemerintah sudah semampunya mengedepankan dialog untuk menuntaskan problem Papua.

"Pendekatan penanganan terhadap TPNPB OPM di era Reformasi jauh lebih baik daripada di era Orde Baru. Otonomi khusus sebagai salah satu solusi permasalah politik di Papua telah memberikan banyak manfaat," lanjutnya.

Sementara, pengamat terorisme dari Mesir, Dr Mustafa Zahran juga mengapresiasi langkah Indonesia, namun di samping solusi keamanan. "Harus ada solusi intelektual dengan memaksimalkan nilai-nilai kearifan lokal khas daerah Papua," tandasnya.

Frits Ramandey menambahkan, dirinya menawarkan solusi untuk Papua. "Kiranya presiden membentuk satu tim yang bertanggung jawab langsung kepada presiden untuk menyelenggarakan dialog kemanusiaan," usulnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)