alexametrics

Ditemukan Cluster Baru Penyebaran COVID-19 di Wonocolo Sidoarjo

loading...
Ditemukan Cluster Baru Penyebaran COVID-19 di Wonocolo Sidoarjo
Tim Gugus Penanganan COVID-19 kembali menemukan cluster baru penyebaran COVID-19 di Desa Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Foto/iNews TV/Pramono Putra
A+ A-
SIDOARJO - Tim Gugus Penanganan COVID-19 kembali menemukan cluster baru COVID-19 di Desa Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Terletak di batas Sidoarjo dan Surabaya, Desa Wonocolo ditetapkan sebagai cluster baru karena tingginya jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Tercatat dalam waktu kurang dari 2 pekan, ada 25 warga Desa Wonocolo yang positif COVID-19, 6 orang warga berstatus PDP. Sedangkan 5 orang lainnya meninggal dunia, baik yang berstatus PDP, maupun positif COVID-19.

Untuk mempercepat proses penanganan dan penyembuhan di cluster baru Desa Wonocolo ini, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sidoarjo akan mengoptimalkan program Kampung Tangguh di desa tersebut. Dengan demikian akan dilakukan pengawasan dan pemantauan wilayah oleh relawan desa setempat, dan pemberian bantuan pangan serta pengawasan kesehatan oleh tim medis puskesmas setempat. (Baca juga: Polsek Daha Selatan Kalsel Diserang Simpatisan ISIS, 1 Polisi Dibacok Samurai)



Untuk mendukung tim relawan Kampung Tangguh ini, TNI/Polri dari jajaran Polresta Sidoarjo dan Kodim 0816 Sidoarjo akan menerjunkan tim Babinkamtibmas dan Babinsa ke Desa Wonocolo. (Baca juga: Kronologis Polsek Daha Selatan Diserang hingga 1 Polisi Tewas)

Menurut rencana, selain akan mendirikan pos cek point, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sidoarjo dalam waktu dekat akan melakukan rapid test massal dan penyemprotan disinfektan di wilayah Desa Wonocolo. (Baca juga: Kapolri Naikkan Pangkat Personel Polsek Daha Selatan yang Gugur dalam Tugas)

“Kita akan mengoptimalkan fungsi relawan di desa tersebut dalam mengawasi dan memantau warga di lokasi cluster baru penyebaran COVID-19 ini, yang pelaksanaannya akan dibantu oleh petugas Babinkamtibmas dan Babinsa melalui Program Kampung Tangguh,” tegas Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji, Senin sore (1/6/2020).

Sementara terkait masih adanya penyebaran virus COVID-19 di wilayah Sidoarjo, khususnya wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya, Tim Gugus Tugas akan meningkatkan pengawasan dan pemantauan warga di tingkat desa. Ada 2 wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya yang menjadi perhatian khusus, yakni Kecamatan Waru dan Taman.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak