Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Jawa Barat

Senin, 20 September 2021 - 18:40 WIB
loading...
A A A
“Bagaimana teknologi bisa meningkatkan taraf hidup mereka yang ada di desa. Kami punya program Desa Digital, yang kami kemas ke dalam tematik pertanian, pariwisata, peternakan, perikanan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lain-lain,” katanya.

Dia mengundang anak-anak muda bisa mengambil kesempatan untuk menggali potensi di sana. "Karena menurut riset penduduk nanti akan banyak tinggal di kota. Kita punya keinginan bagaimana penduduk banyak tinggal di desa tetapi rezeki kota,” kata Setiaji.

Dia menyatakan, dengan teknologi Jabar dapat menghadirkan apa yang sebelumnya sulit dilakukan. Dia mencontohkan masyarakat bisa bekerja di mana saja kapan saja.

Kemudian dengan teknologi masyarakat desa dapat menjangkau layanan dokter spesialis melalui pelayanan kesehatan telemedicine atau konsultasi jarak jauh. Melalui teknologi pula petani dapat mengetahui nutrisi tepat bagi tanaman atau memilih pupuk yang cocok agar tidak merusak unsur tanah.

“Lalu bagaimana bloger-bloger atau youtuber dari desa dengan potensi desanya bisa memberikan informasi menarik. Sekarang orang sudah bosan menjual konten perkotaan,” kata Setiaji.

Menurutnya, sekarang waktunya menerapkan teknologi ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal didesa.

Koordinator Startup Digital Kominfo RI Sonny Hendra Sudaryana menjelaskan, gerakan tersebut merupakan gerakan gotong-royong yang berfokus pada pengembangan ide dan inovasi masyarakat.

“Gerakan ini adalah gerakan gotong royong yang hadir, sebagai langkah pertama untuk masyarakat yang ingin menjalankan startup. Ini bukan ajang perlombaan, melainkan pembinaan," katanya.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menggerakkan ekosistem digital di Indonesia. Gerakan ini hadir untuk menginisiasikan perubahan agar bisa terkoneksi. Kominfo sudah berpartner dengan lebih dari 300 penggerak di berbagai sektor, dan sudah melahirkan lebih dari 1.200 start up.

“Mari berhenti bermimpi dan mulai beraksi, saya mengajak anak-anak Cimahi untuk mulai mengambil peran. Mari kita dukung terus gerakan ini. Semoga dengan ini bisa membuat Indonesia lebih maju lagi," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)