Tingkatkan Pemahaman Tentang Pencegahan COVID-19, dr Tirta Edukasi Ratusan Komunitas Indonesia Timur

Selasa, 31 Agustus 2021 - 16:09 WIB
loading...
Tingkatkan Pemahaman Tentang Pencegahan COVID-19, dr Tirta Edukasi Ratusan Komunitas Indonesia Timur
dr Tirta mengedukasi ratusan komunitas Indonesia Timur dalam webinar Pintar Beradaptasi dengan COVID-19 .Foto/ist
A A A
SURABAYA - Tim Tanggap Bencana Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Tagana Kita) memberi sumbangsih untuk menekan penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Tagana Kita memberikan edukasi kepada masyarakat webinar "Pintar Beradaptasi dengan COVID-19"

Dua pembicara kondang dihadirkan dalam webinar tersebut, yaitu dr Tirta, seorang relawan medis dan influencer yang sangat konsen mengedukasi masyarakat tentang COVID-19. Pembicara satu lagi adalah Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19, Hery Trianto. Webinar dipandu Yasmin Athania, news anchor salah satu TV nasional. Ratusan komunitas KITA di berbagai kota di Indonesia Timur menjadi pesertanya.

Baca juga: Kendalikan Kasus COVID-19, Tracing di Jawa Timur Naik 880 Persen

Penasehat Kolaborasi KITA Gunawan Prasetyo mengatakan webinar edukasi COVID-19 ini merupakan bagian dari program Tagana Kita untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para anggota komunitas KITA terhadap ancaman bencana.

Karena pandemi COVID-19 sesungguhnya juga merupakan bencana bagi masyarakat. Sejak muncul Maret 2020, lebih dari 130 ribu orang di Indonesia wafat akibat terjangkit Covid-19. Sementara jutaan orang kehilangan pekerjaan akibat banyak aktivitas ekonomi yang berhenti.

"Melalui webinar ini kami berharap teman-teman komunitas di Indonesia Timur semakin memahami berbagai hal tentang COVID-19 dari dr Tirta. Termasuk juga mendapatkan informasi yang lengkap dari narasumber resmi pemerintah terkait perkembangan Covid dan cara menghadapinya," kata Gunawan Prasetyo dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Seluruh Wilayah Kelurahan di Surabaya Bebas dari Level 4, Warga Diminta Tetap Jaga Prokes

dr Tirta dalam penjelasannya mengatakan, komunitas punya peran besar terkait penanganan COVID-19. Seperti memberikan informasi mengenai data warga yang isolasi mandiri kepada RT/RW atau puskesmas di daerah masing-masing. Komunitas juga bisa membantu petugas dalam melakukan pendataan dan melaporkannya kepada satgas COVID-19 di masing-masing daerah, sehingga dapat segera direspon.

Yang lebih penting lagi, lanjut dokter jebolan UGM ini, komunitas ikut berperan dalam memerangi berbagai hoax yang banyak bermunculan di masyarakat. Banyaknya informasi yang tidak berdasar tentang COVID-19, yang disampaikan oleh pihak-pihak yang tidak berkompeten, ikut memperparah pemahaman dan proses edukasi mengenai Covid.

"Sebelum memberikan edukasi, setiap anggota komunitas harus mengedukasi dirinya terlebih dahulu, keluarga dan baru lingkungannya. Jangan koar-koar jika anda atau keluarga tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19," lanjut dr Tirta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)