Anak Motor, Esport dan Karang Taruna Kompak Gelar Donor Darah di Alun-alun Situbondo

Minggu, 11 Desember 2022 - 23:50 WIB
loading...
Anak Motor, Esport dan Karang Taruna Kompak Gelar Donor Darah di Alun-alun Situbondo
Berbagai komunitas di Situbondo, Jawa Timur menggelar donor darah di alun-alun kota.
A A A
SITUBONDO - Berbagai komunitas di Situbondo, Jawa Timur menggelar donor darah di alun-alun kota. Aksi sosial komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) ini mendapatkan perhatian positif dari masyarakat.

Rangkaian kegiatan oleh Kolaborasi KITA Situbondo ini digelar sejak awal hingga pertengahan November 2022. Untuk Situbondo kegiatan diikuti oleh berbagai macam komunitas, yakni Pejuang Hepiii Desa Kendit, anak motor Bold Riders (YNCI), Bold Riders CBR Situbondo, Scooterland (Vespa Situbondo), E-Sport (ESI Situbondo), serta Pejuang Hepiii Desa Kendit & Karta Bhakti Pemuda Alas Malang.

"Kami melibatkan komunitas untuk kegiatan donor darah ini, mereka menggelar di pendopo alun-alun Situbondo. Komunitas ini mengajak warga terutama yang berada di alun-alun. Antusiasme warga di lokasi ini sangat tinggi untuk ikut donor," kata panitia acara Hena Perdana Ragayatsu, Minggu (11/12/2022).

Baca juga: Komunitas Anak Muda Jember dan Bondowoso Kumpulkan Ratusan Kantong Darah

Ada lebih dari 100 orang yang mendaftar jadi pendonor, namun karena pertimbangan tensi darah, hanya ada puluhan kantong darah saja yang bisa diambil oleh PMI.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur sepanjang November 2022.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)