Legenda Rawa Pening, Diyakini Terbentuk dari Lidi yang Ditancapkan Baro Klinting

Senin, 30 Agustus 2021 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Pertapa itu pun terkejut. Akhirnya Ki Hajar Salokantara memberitahu Baro Klinting bahwa dirinya adalah orang yang dicari. Kemudian Ki Hajar Salokantara menanyakan maksud dan tujuan Baro Klinting mencarinya. Ular naga yang bisa berbicara seperti manusia itu pun memberitahukan bahwa dirinya adalah anak Ki Hajar Salokantara.

Mendengar pengakuan itu, Ki Hajar Salokantara pun menanyakan bukti yang bisa menyakinkan dirinya. Lantas Baro Klinting menunjukkan pusaka yang diberikan ibunya.

Ki Hajar Salokantara mengakui bahwa pusaka itu benar miliknya. Namun Ki Hajar Salokantara belum yakin. Dia baru yakin jika anaknya bisa melingkari Gunung Telomoyo dengan tubuhnya. Baro Klinting pun langsung melingkari Gunung Telomoyo dan Ki Hajar Salokantara pun mengakui bahwa ular naga itu adalah anaknya.

Kemudian Baro Klinting diminta bertapa agar dirinya bisa berubah wujud menjadi manusia. Namun di tengah pertapaan, ada sejumlah warga dari Desa Pathok yang sedang berburu dan melihat tubuh ular naga. Mereka pun lantas memotong tubuh ular naga itu dan membawa pulang untuk di masak.

Selesai bertapa, wujud Baro Klinting pun berubah menjadi manusia. Tetapi pada tubuhnya terdapat luka yang mengeluarkan bau tak sedap.

Selanjutnya, Baro Klinting turun gunung dan sampai di Desa Pathok. Di desa tersebut Baro Klinting menjumpai sejumlah warga sedang menggelar pesta yang dipenuhi dengan makanan lezat.

Baro Klinting yang saat itu merasa lapar, akhirnya memberanikan diri untuk meminta sedikit makanan kepada warga. Namun warga menolaknya dan mengusir Baro Klinting. Tak hanya itu, warga juga mencaci Baro Klinting yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Akhirnya Baro Klinting pergi dan berjalanan menyusuri jalan desa. Di tengah perjalanan, Baro Klinting bertemu dengan sorang perempuan tua bernama Nyai Latung dan meminta makanan dan minuman.

"Nyai Latung menerima Baro Klinting dengan baik dan memberikan makana serta minuman. Selesai makan, Baro Klinting berpesan kepada Nyai Latung untuk menyiapkan lesung dan memintanya untuk naiki lesung jika mendengar suara gemuruh. Setelah itu, Baro Klinting pergi menuju tempat hajatan warga," terangnya.

Sesampainya di tempat itu, Baro Klinting langsung menancapkan lidi di tengah keramaian warga sembari meminta warga untuk mencabut lidi itu. Warga pun menganggap itu sebagai lelucon. Tetapi tidak ada satu pun warga yang bisa mencabut lidi itu. Bahkan sejumlah warga berusaha mencabut secara bersama-sama, namun juga tidak bisa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)