Legenda Rawa Pening, Diyakini Terbentuk dari Lidi yang Ditancapkan Baro Klinting

Senin, 30 Agustus 2021 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Legenda Rawa Pening, Diyakini Terbentuk dari Lidi yang Ditancapkan Baro Klinting


Singkat cerita, kata dia, suatu saat masyarakat Desa Ngasem memiliki hajat menggelar merti desa (bersih desa). Namun ada yang harus disediakan warga sebagai tolak bala serta agar hajat tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat desa mendapat keberkahan.

Untuk menolak bala dibutuhkan pusaka sakti milik Ki Hajar Salokantara. Kemudian Ki Selo Gondang mengutus putrinya untuk meminjam pusaka sahabatnya itu. Mendapat tugas tersebut, Endang Sawitri segera melaksanakan tugas yang diberikan ayahnya.

Setelah bertemu dengan Ki Hajar Salokantara, Endang Sawitri kemudian menyampaikan maksud dan tujuannya untuk meminjam pusaka. Ki Hajar Salokantara pun meminjamkan pusaka yang dimaksud. Namun sebelum Endang Sawitri pulang, Ki Hajar Salokantara berpesan jangan sampai pusaka itu diletakkan di atas pangkuan.

Akan tetapi, di tengah perjalanan Endang Sawitri tanpa sengaja meletakkan pusaka itu di atas pangkuannya. Akibatnya, perut Endang Sawitri sakit. Endang Sawitri juga merasa sering mual-mual. Setelah diperiksa ternyata, Endang Sawitri hamil.

Ini membuat Ki Sela Gondang bingung. Akhirnya Ku Sela Gondang memohon Ki Hajar Salokantara untuk menilai putrinya. Dengan berat hati, Ki Hajar Salokantara menerima permintaan tersebut dan menikahi Endang Sawitri.

Selanjutnya Ki Hajar Salokantara bertapa di Gunung Telomoyo. Waktu terus berlalu dan waktu melahirkan pun tiba. Proses persalinan Endang Sawitri ditolong oleh seorang dukun bayi. "Dukun bayi itu, terkejut setelah mengetahui yang lahir ternyata ular naga. Begipula dengan Endang Sawitri, dia juga terkejut ketika melihat anaknya berwujud ular naga," kata Rusmadi.

Selanjutnya, ular naga itu diberi nama Baro Klinting seperti nama pusaka milik Ki Hajar Salokantara. Seiring berjalannya waktu, Baro Klinting pun bertumbuh besar. Kemudian Baro Klinting menanyakan keberadaan ayahnya. Endang Sawitri pun menjelaskan ayahnya bernama Ki Hajar Salokantara dan saat itu sedang bertapa di Gunung Telomoyo.

Kemudian Baro Klinting meminta izin kepada ibunya untuk menemui ayahnya di Gunung Telomoyo. Permintaan itu pun diizinkan. Endang Sawitri pun membekali Baro Klinting sebuah pusaka sebagai bukti bahwa dirinya anak Ki Hajar Salokantara.

Setahu itu, Baro Klinting berjalan menuju Gunung Telomoyo. Sesampainya di gunung itu, Baro Klinting bertemu dengan seorang pertapa dan menanyakan keberadaan Ki Hajar Salokantara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)