Sudaryono Jadi Kandidat Cagub Jateng, Ini Kata Pengamat Politik Undip

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:39 WIB
loading...
Sudaryono Jadi Kandidat Cagub Jateng, Ini Kata Pengamat Politik Undip
Dukungan Partai Demokrat terhadap Partai Gerindra semakin membawa angin segar bagi Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono maju sebagai Cagub Jateng. Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Dukungan Partai Demokrat terhadap Partai Gerindra semakin membawa angin segar bagi Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono maju sebagai calon gubernur (Cagub) Jateng.

Jika kedua partai ini berkoalisi, maka sudah bisa memenuhi syarat untuk mengusung Cagub Jateng.



Fitriyah juga menilai dibanding calon-calon yang lain, Sudaryono lebih jelas dibandingkan kandidat lainnya untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024.

"Sekarang memang banyak nama-nama yang muncul dan Mas Daryono ini, dia sepertinya lebih fix dibanding (nama) yang lain (untuk maju cagub)," tegasnya.

Ria mengaku sosok yang pantas mendampingi Sudaryono menjadi cawagub adalah dari partai religius. Kombinasi ini biasa dipakai pada Pilkada sebelumnya. Gabungan calon dari partai nasionalis dan religius ini berpeluang untuk menang.

"Iya (dari partai religius) itu pola dulu, pengalaman dalam Pilkada. Maka potensi yang menang itu mewakili kelompok nasionalis dan kelompok religius," ungkapnya.

Fitriyah menyebut mesin partai yang mengakomodir jaringan sampai ke bawah hingga pada pemilih lah yang menjadi ujung tonggak.

Jaringan partai dan tim sukses inilah yang nanti mempunyai kekuatan hingga bisa meyakinkan pemilih. "Jawa Tengah ini luas, jadi tergantung yang dilakukan oleh kandidat itu. Karena justru jaringan-jaringan yang di bawah itu yang mereka punya simpul-simpul ntuk mengatakan pada calon pemilih (calon) yang potensial," ujarnya.

Selain itu, Sudaryono yang merupakan orang terdekat dari Prabowo sebagai presiden terpilih juga memiliki keuntungan tersendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)