350 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Maros Sudah Vaksin Moderna

Minggu, 22 Agustus 2021 - 17:50 WIB
loading...
350 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Maros Sudah Vaksin Moderna
Sebanyak 350 tenaga kesehatan di Kabupaten Maros sudah menerima vaksin moderna. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Sebanyak 350 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Maros sudah menerima vaksin dosis ketiga moderna.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Maros, dr Muhammad Yunus mengatakan, pemberian vaksin moderna untuk nakes di Maros sudah mulai dilakukan sejak sepekan lalu.



"Untuk vaksin dosis ketuga atau moderna ini kita sudah berikan sejak 10 Agustus lalu," ungkapnya.

Diakuinya, pencapaian vaksin untuk nakes masih belum merata di seluruh PKM. Dari 1.805 tenaga kesehatan di Maros, baru 350 yang sudah mendapatkan vaksin tahap tiga ini. Masih minimnya nakes yang divaksin moderna kata dia, dikarenakan beberapa nakes sempat terkonfirmasi positif Covid-19.

"Ada 200-an yang positif dan rata-rata sudah sembuh. Tapi ada juga saat screening kesehatannya sedang tidak fit," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan vaksinasi secara bergantian. "Pemberian vaksinasi dosis ketiga ini setiap hari dilaksanakan tapi tidak bersamaan. Karena kita mengantisipasi efek samping setelah suntikan ketiga ini," ungkapnya.

Mantan Kepala Puskesmas Bantimurung ini menjelaskan, jika jadwal pemberian vaksinnya diatur sesuai siklus jaga nakes dengan jadwal vaksin.

"Jadi semakin banyak ditangani maka kita lebih hati-hati, karena kita pentingkan dulu pelayanan tidak terganggu sambil mengatur jadwal vaksinasi dosis 3 ini. Kita sesuaikan sesuai siklus jaga mereka," sebutnya.



Yunus juga mengatakan jika saat ini Maros telah mendapatkan stok vaksin sebanyak 84 vial atau sekitar 1.176 dosis.

"Untuk vaksin moderna ini memang difokuskan untuk nakes dulu. Karena bagaimanapun mereka yang sangat rentan dan kerap terpapar langsung dengan pasien. Kita sudah menerima sebanyak 84 vial untuk 1.176 dosis," pungkasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)