Kemenag Gelar Pemantauan Hilal di 82 Lokasi se-Indonesia, Salah Satunya di Barru

Selasa, 21 April 2020 - 12:51 WIB
loading...
Kemenag Gelar Pemantauan Hilal di 82 Lokasi se-Indonesia, Salah Satunya di Barru
Kemenag akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik. Di Sulsel, pemantauan akan dilakukan di Kabupaten Barru. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar pemantauan hilal untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441H/2020M pada Kamis (23/4/2020). Ada 82 lokasi pemantauan yang tersebar di 34 provinsi. Di Sulsel, pemantauan akan dilakukan di Pantai Sumpang Binangae, Kabupaten Barru.

Dikutip dari laman Kemenag RI, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menerangkan, pemantauan hilal akan dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung.

"Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur, 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan delapan lokasi," terang Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Menurut Kamaruddin, hasil pemantauan hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai.

Karena sedang berada dalam masa covid-19, Kamaruddin memastikan sidang isbat akan dilakukan dengan skema berbeda, yakni via konferensi video. Langkah ini demi menjalankan kebijakan pemerintah, physical distancing mencegah penularan covid-19.

Nantinya kata guru besar UIN Alauddin ini, sidang isbat juga dapat disaksikan langsung oleh masyarakat via media sosial Kemenag.

Menurut Kamaruddin, sidang isbat akan dibagi dalam tiga sesi. Pertama, paparan posisi hilal awal Ramadan 1441H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam.

Para tokoh ormas yang diundang, bisa mengikuti dan berdialog dalam proses sidang ini melalui meeting room online yang akan akan dibagikan tautan, ID, dan passwordnya.

Berikut ini daftar lokasi pelaksanaan pemantauan hilal penetapan awal Ramadan 1440H/2020M yang tersebar di 34 Provinsi:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)