Ridwan Kamil Sambut Baik Hibah 121 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm dari Raja Uni Emirat Arab

Jum'at, 30 Juli 2021 - 17:28 WIB
loading...
A A A
"Idealnya memang di puskemas, tapi tidak akan bisa 100 persen direalisasikan dan butuh waktu lama. Kami akan gunakan juga sekolah, pesantren dan mobil vaksinasi, tapi waktunya dipisahkan supaya memudahkan petugas melakukan tindakan yang terukur," jelas Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, sesuai arahan Presiden Jokowi, vaksinasi bagi penyandang disabilitas diprioritaskan di wilayah zona merah. Pihaknya sendiri sudah memiliki data sasaran vaksinasi berbasis kecamatan.

"Sesuai arahan di zona merah dan kami sudah punya datanya, tapi sasaran kami basisnya per kecamatan, bukan kota/kabupaten," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Nina Susana Dewi membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima hibah 121.648 dosis vaksin Sinopharm dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Vaksin tersebut, kata Nina, langsung didistribusikan ke 27 kabupaten/kota dengan alokasi sesuai jumlah penyandang disabilitas. "Vaksinnya sudah datang dua dosis, kami akan membagi untuk 27 daerah sesuai jumlah penyandang disabilitas," sebutnya.

Nina juga mengatakan bahwa dari sekitar 1.100 Puskesmas yang ada di Jabar, 90 persennya sudah memiliki akreditasi untuk layanan penyandang disabilitas.

"Puskesmas yang sudah terakreditasi sudah 90 persen dan seharusnya mereka sudah punya layanan untuk penyandang disabilitas," kata Nina.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia mengatakan, total target penyandang disabilitas dalam hibah vaksin ini sebanyak 225.006 orang. Selain Jabar, hibah juga diberikan kepada provinsi lain. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya mekanisme atau teknis pelaksanaan vaksinasi ini kepada pemerintah daerah.

"Kami serahkan teknisnya, mekanisme dan distribusinya kepada provinsi," kata Angkie.

Diketahui, Indonesia mendapatkan hibah vaksin Sinopharm dari Raja UEA sebanyak 500.000 dosis. Vaksin hibah tersebut seluruhnya akan digunakan untuk penyandang disabilitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)