Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

PPKM Diperpanjang, Bupati Dony: Jangan Sampai Ada Warga Sumedang Tidak Makan

loading...
PPKM Diperpanjang, Bupati Dony: Jangan Sampai Ada Warga Sumedang Tidak Makan
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat membagikan langsung paket sembako kepada warga terdampak PPKM. Foto/Istimewa
SUMEDANG - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) membawa dampak pada masyarakat kecil berada dalam kondisi sulit, terutama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Terlebih, pemerintah terus memperpanjang PPKM, agar kasus aktif COVID-19 dapat terus ditekan. Menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumedang pun akan terus menyalurkan paket bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat kecil yang terdampak PPKM.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menegaskan, pihaknya berupaya menjamin kebutuhan hidup warga terdampak PPKM dengan terus menyalurkan bansos, mulai paket sembako hingga uang tunai. Dony tak menginginkan warganya tak makan akibat PPKM.

Baca juga: Viral, Warga Makan Nasi Liwet di Jalan Cihideung, saat Penerapan PPKM Level 4



"Ini ikhtiar kami. Jangan sampai ada satu orang pun warga Sumedang yang tidak bisa makan. Jadi kita perhatikan dengan memberikan sembako dan yang lainnya," tegas Dony dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Menurut Dony, pihaknya telah menyiapkan berbagai bansos bagi warga terdampak PPKM, di antaranya bansos PKH (Program Keluarga Harapan) bagi 2.816 keluarga penerima manfaat (KPM), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Rutin 72.940 KPM, BST (Bantuan Sosial Tunai) 40.671 KPM, BPNT yang baru 80.862 KPM, Bansos Kabupaten 8.759 KPM, dan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) 9.687 KPM.

Tidak hanya itu, kata Dony, pemerintah pusat juga memberikan bansos berupa beras untuk KPM di Sumedang sebanyak 5 kg untuk 3.000 KPM dan seberat 10 kg untuk 94.813 KPM. Selain itu, bantuan uang tunai sebesar Rp200.000 untuk masing-masing PKM yang berasal dari APBD Kabupaten Sumedang.

Lebih lanjut Dony mengatakan, pihaknya ingin hadir di tengah kesulitan yang dihadapi waega terdampak PPKM. Karenanya, Dony pun terjun langsung membagi-bagikan bansos bagi warga terdampak, mulai dari abang becak hingga pedagang kaki lima (PKL).

Akhir pekan kemarin, dengan menggunakan sepeda motor, Dony pun terjun langsung membagikan bansos. Sedikitnya 500 paket sembako dibagikan kepada warga terdampak PPKM di Sumedang Kota, mulai dari Jalan Empang, Jalan Kartini, pertigaan eks Samsat, RS Pakuwon, perempatan RSUD, Toko Duta melalui Jalur Cipadung Talun dan berakhir di Alun-alun Sumedang.

"Ini merupakan ikhtiar Pemkab Sumedang, bagaimana negara hadir untuk membantu masyarakat, terutama yang terdampak PPKM Darurat," kata Dony.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top