Vaksinasi di Lembang, Sandiaga Uno: Percepat Vaksinasi di Kawasan Wisata

Sabtu, 24 Juli 2021 - 02:44 WIB
loading...
Vaksinasi di Lembang, Sandiaga Uno: Percepat Vaksinasi di Kawasan Wisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno saat hadir secara virtual di Sentra Vaksin Covid-19 di Sesko AU Lembang, Bandung, Jumat (23/7/2021). Foto istimewa
A A A
LEMBANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendorong percepatan vaksinasi di kawasan wisata dengan potensi wisatawan besar, seperti di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Percepatan vaksinasi dalam dalam rangka meningkatkan herd immunity bagi masyarakat di lingkungan wisata.

“Serbuan vaksin menjadi salah satu langkah strategis pemerintah dalam upaya melakukan pemerataan vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini Kementerian Parekraf bekerja sama dengan berbagai instansi dan pihak swasta seperti Danone Indonesia terus menambah titik sentra vaksinasi, terutama di wilayah yang memiliki potensi wisata tertinggi," kata Sandiaga Uno saat hadir secara virtual di Sentra Vaksin Covid-19 di Sesko AU Lembang, Bandung, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Ridwan Kamil Intruksikan Seluruh Pejabat Eselon Turun Tangan Atasi Darurat COVID-19

Menurut dia, selama satu bulan terakhir, pihaknya terus menggenjot pemberian vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Saat ini 5% dari target sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. Dengan semakin massif pemberian vaksin kepada masyarakat, diharapkan mempercepat terbentuknya herd immunity bagi 3,4 juta masyarakat umum dan pelaku parekraf di Indonesia.

Menurut catatan Kemenkes hingga 22 Juli 2021 melalui situs Vaksin Kemkes, warga di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang telah menerima vaksin tahap I mencapai 250,966 orang atau 0,66% dari target Provinsi Jawa Barat yaitu 37,9 juta. Sedangkan warga yang telah menerima dosis lengkap vaksin tahap II baru mencapai 127,474 orang atau 0,34% dari target Provinsi Jawa Barat 37,9 juta.

Diketahui, sentra vaksin di Lembang Sesko AU diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bersama TNI Angkatan Udara dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Vaksinasi dilakukan dari tanggal 21 – 25 Juli 2021. Menyasar masyarakat kaum rentan dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bagi 10.000 warga, dengan target 2.000 peserta vaksin per hari.

Selain Sandiaga Uno yang meninjau secara virtual, serta hadir VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto, Kadisburpad Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik Kurohman, Komandan SESKO AU Samsul Rizal, dan Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Eisenhower Sitanggang meninjau secara langsung proses vaksinasi tersebut.

“Danone Indonesia terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia, salah satunya dalam mencapai target vaksinasi 3 juta perhari. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, kami memberikan dukungan berupa fasilitas sarana dan prasarana agar kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan baik,” ujar VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto dalam siaran persnya.

Peserta vaksin difokuskan bagi masyarakat rentan seperti pemulung dan pengasong, remaja usia 12 – 17 tahun, serta pelaku UMKM. Sebagai wilayah padat penduduk dan memiliki destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, Lembang menjadi salah satu wilayah target terbesar dalam program Serbuan Vaksin.

Tingginya kebutuhan vaksinasi bagi pekerja rentan membuat Danone Indonesia turut mengajak masyarakat ekonomi lemah seperti pemulung yang tergabung dalam Sahabat Lestari, serta mitra bisnis Aqua Home Service (AHS) binaan Danone AQUA dan Warung Anak Sehat Sarihusada binaan Danone SN Indonesia yang berdomisili di wilayah Bandung untuk turut berpartisipasi sebagai peserta vaksin.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)