Luar Biasa! Nenek Usia 102 Tahun di Purwokerto Sembuh dari COVID-19

Jum'at, 23 Juli 2021 - 19:23 WIB
loading...
A A A
Luar Biasa! Nenek Usia 102 Tahun di Purwokerto Sembuh dari COVID-19

Nenek Sudjijah sembuh dari COVID-19 usai menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya, Banyumas. Foto/iNews TV/Saladin Ayubbi

Uniknya, saat membujuk agar mau makan, pihak keluarga selalu menambah dengan kata-kata disuruh dokter untuk makan agar nenek Sudjijah mau makan. "Kami selalu membawa nama dokter yang dikenal ibu kami agar mau makan. Misalnya saya bilang agar ibu makan karena disuruh dokter Gembong dan dokter Rosa yang merupakan keluarga kami," jelas Dodit.

Saat awal dinyatakan terkena COVID-19, nenek Sudjijah menolak untuk dipasang selang oksigen. Namun setelah dibujuk dengan menggunakan nama dokter keluarga tersebut, nenek Sudjijah mau untuk dipasangi selang oksigen.

Dengan kondisi usia 102 tahun yang tidak ada komorbid, nenek Sudjijah ini menjadi cepat sembuh dengan didukung semangat dari anak-anak dan cucu serta cicit. Dalam sakitnya, nenek Sudjijah juga selalu melakukan ibadah secara rutin dari atas ranjang tidurnya.

Kini nenek Sudjijah bahkan sudah bisa berjalan ke kamar mandi setelah kondisinya pulih kembali.

Menurut pihak keluarga, resep panjang umur nenek Sudjijah adalah pola makan yang selalu terjaga dan tidak berlebihan-lebihan. Meskipun sudah satu abad lebih, nenek Sudjijah masih tampak sehat, meskipun penglihatannya memang sedikit kabur.

Ketika masih muda nenek Sudjijah juga rutin olahraga, seperti jalan-jalan ke sawah setelah salat subuh, dan dilanjutkan meminum susu dicampur dengan madu.

Hingga kini kebiasaan minum susu dan madu setiap pagi juga dtambah rutin memakan telur rebus masih dilakukan. Setelah minum susu madu, barulah pada pukul 10 pagi makan nasi dan lauk pauk.

Semasa mudanya dulu, nenek Sudjijah juga aktif gendingan atau memainkan alat musik gamelan.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)