Miris, Nenek Berusia 82 Tahun di Surabaya Divonis 43 Hari Penjara

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 07:28 WIB
loading...
Miris, Nenek Berusia 82 Tahun di Surabaya Divonis 43 Hari Penjara
Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjatuhkan vonis 43 hari penjara kepada seorang nenek Siti Asiyah yang berusia 82 tahun. (Foto/Ilustrasi)
A A A
SURABAYA - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjatuhkan vonis 43 hari penjara kepada seorang nenek Siti Asiyah yang berusia 82 tahun.

Nenek Siti Asyiah adalah warga asal Gayungan V, Surabaya itu dianggap terbukti bersalah melakukan pemalsuan akta otentik.

"Menyatakan terdakwa Siti Asiyah telah terbukti secara sah bersalah memekai surat palsu dan melanggar pasal 263 ayat 2 KUHP. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Siti Asiyah berupa pidana penjara selama 43 hari," kata ketua majelis hakim PN Surabaya, Johannes Hehamony di ruang sidang Candra, Kamis (22/10/2020).
Baca Juga: Nenek 85 Tahun Divonis 3 Bulan
Setelah mendengar putusan tersebut, terdakwa langsung mengajukan banding. "Banding yang Mulia," ucap kuasa hukum terdakwa, Sahlan Azhar.

Setelah sidang Sahlan mengatakan bahwa, terdakwa tidak terbukti melakukan perbuatan pidana, melainkan perdata. Karena itu urusan tanah. Dalam perkara ini, terdakwa tidak tahu surat-surat tanah baik IPEDA, Eigendom Verponding, sertifikat, letter C , maupun Petok D.

“Yang dia tahu cuma punya tanah di Gayungsari, setelah ketemu dengan Bu Lurah maka diminta untuk urus kehilangan. Karena itu instruksi Bu Lurah lho,” kata Sahlan.

Selain itu, lanjut dia, hakim tidak mempertimbangkan adanya sengketa perdata yang masih berjalan. Bahkan, kata dia, hakim mengatakan di tempat itu katanya keseluruhannya eigendom.
Baca Juga: Nenek Asyani Tantang Hakim Sumpah Pocong

"Klaim hakim itu saya kira secara sepihak. Saya anggap putusan tadi kurang adil padahal klien kami itu ada surat letter C dan perkara perdata sampai saat ini masih berjalan," keluhnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)