Budidaya Jamur Tiram ala Napi, Sulap Sel Angker Lapas Sukamiskin Jadi Produktif

Sabtu, 10 Juli 2021 - 07:57 WIB
loading...
Budidaya Jamur Tiram ala Napi, Sulap Sel Angker Lapas Sukamiskin Jadi Produktif
Lapas Kelas 1 Sukamiskin berjualan membudidayakan jamur tiram di salah satu basement yang sebelumnya jarang disentuh dan angker. Foto istimewa
A A A
BANDUNG - Namanya sudah sangat dikenal, karena penjara ini dipakai sebagai lembaga pemasyarakatan (Lapas) bagi warga binaan yang terkait kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di Indonesia, yaitu Lapas Kelas I Sukamiskin.

Terletak di Jalan AH Nasution, Arcamanik, Kota Bandung, lapas ini dibangun pada zaman kolonial Belanda pada tahun 1918. Lapas yang dibuat bergaya eropa ini dirancang oleh arsitek ternama Prof. CP Wolff Schoemaker. Bergaya unik dengan bangsal bangunan memanjang bersilang searah empat penjuru mata angin.

Dulu, Lapas ini menjadi tempat bagi tahanan politik nasional yang melawan penjajah Belanda. Presiden Pertama RI Soekarno juga pernah dipenjara di Lapas ini pada masa itu. Saat itu, Soekarno ditempatkan di sel Kamar No. 1 di Blok Timur atas.

Baca juga: Penjual dan Pemakai Tembakau Gorila Diciuk Tim Maung Galunggung Saat Asyik Pesta

Tak heran, penjara yang sudah berusia cukup tua dan menjadi bangunan cagar budaya ini, memiliki banyak tempat yang terbilang jarang disentuh. Bahkan, para sipir dan warga binaan Lapas Sukamiskin pun menyebut ada tempat yang cukup angker. Tempat itu jarang dipakai warga binaan atau petugas lapas.

Salah satunya adalah basement di salah satu sudut Lapas yang sudah bertahun tahun tidak terpakai dan tidak tersentuh. Bahkan oleh petugas dan warga binaan dianggap angker serta menakutkan.

Tapi yang menarik, untuk mengubah kesan angker itu, pengelola Lapas Sukamiskin menyulap tempat itu menjadi area urban farming untuk budidaya jamur tiram. Uniknya ketika pertama kali akan digunakan, sebelum pintu dibuka, beberapa petugas dan warga binaan lebih dulu mengadakan ritual khusus.

Menurut Kepala Bidang Kegiatan Kerja Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Ratri Handoyo Eko Saputro, budidaya jamur tiram dipilih sebagai salah satu peluang agribisnis atau bisnis di bidang pertanian yang menguntungkan. Jamur tiram memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Jamur bisa diolah menjadi berbagai produk kuliner yang lezat.

Baca juga: Home Industri Obat Ilegal di Lembang dan Tasik Diotaki Pasutri

Hal inilah yang menjadi dasar Lapas Kelas 1 Sukamiskin melalui Bidang Kegiatan Kerja dengan dukungan kasi-kasi di bawahnya berinisiatif mengaktifkan Kembali pos kerja produksi jamur tiram. Tujuannya menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur dikalangan para Warga Binaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)