COVID-19 Terus Melonjak, Tempat Tidur di Ruang Isolasi RS di Lampung Utara Ditambah

Senin, 05 Juli 2021 - 22:10 WIB
loading...
COVID-19 Terus Melonjak, Tempat Tidur di Ruang Isolasi RS di Lampung Utara Ditambah
Suasana ruang isolasi di Wisma Haji Pondok Gede. Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Lampung Utara mengharuskan pihak rumah sakit menambah tempat tidur. Foto: Dok/SINDONews
A A A
LAMPUNG UTARA - Kasus COVID-19 di Lampung Utara terus meningkat, untuk mengantisipasinya, Dinas Kesehatan setempat bakal menambah tempat tidur di ruang isolasi Rumah Sakit Umum
(RSU), Ryacudu Kotabumi.

Sebelumnya, pihak RSU Ryacudu telah mengubah ruang VIP menjadi ruang isolasi, dikarenakan ruang isolasi yang telah dipersiapkan terisi penuh oleh pasien COVID-19.



"Untuk RSUD Ryacudu penambahan 25 tempat tidur yang mulanya hanya 22 tempat tidur,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Lampura, Maya N Manan, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, tak hanya rumah sakit milik pemerintah saja. Dua rumah sakit swasta di Kotabumi yakni RS Handayani dan RS Medika Insani juga melakukan penambahan tempat tidur bagi pasien COVID-19.



“Untuk RS Handayani tempat tidur yang ditambah mencapai 20 unit dari jumlah sebelumnya 45 tempat tidur. Lalu untuk RS Medika Insani, penambahannya menjadi 20 tempat tidur," kata Maya.

Dia menyebutkan, ketersediaan tempat tidur harus ditambah karena saat ini tingkat ketersediaan tempat tidurnya (BOR/Bed Occupancy Rate) sudah lebih dari 80%. Ambang batas BOR yang ditetapkan WHO hanya 60%.



Untuk tenaga kesehatan, lanjut Maya, pihaknya akan mengoptimalkan peran tenaga kesehatan yang ada di Puskemas. Dimana, nantinya para nakes itu akan secara bergantian berjaga.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Utara masih berstatus zona orange penyebaran COVID. Ada 2.252 kasus terkonfirmasi. Dari jumlah itu, sebanyak 1.681 dinyatakan sembuh, 82 meninggal dunia dan sisanya masih menjalani isolasi atau karantina.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4197 seconds (0.1#10.140)