Pasukan Lantamal VI Simulasi Amankan Wilayah Perairan Makassar dari Perompak

Jum'at, 02 Juli 2021 - 09:18 WIB
loading...
Pasukan Lantamal VI Simulasi Amankan Wilayah Perairan Makassar dari Perompak
Pasukan Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) melakukan simulasi pengamanan wilayah perairan Makassar dengan melumpuhkan perompak, Kamis (1/7/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pasukan Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) Pangkalan Utama TNI AL VI ( Lantamal VI ) melakukan simulasi pengamanan wilayah perairan Makassar dengan melumpuhkan perompak, Kamis (1/7/2021).

Skenarionya, operasi melumpuhkan perompak dan pembebasan sandera dilaksanakan Tim VBSS Lantamal VI setelah menerima Laporan dari tim Intelijen Lantamal VI.

Pasukan VBSS Lantamal VI Dengan cepat menggelar operasi VBSS dan berhasil menemukan kapal yang dicurigai yang berada di posisi kawasan dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar.

Pembebasan sandera di laut ini pun dimulai dengan manuver penyerbuan 2 unit Sea Rider yang berhasil menempel pada sisi kiri kapal yang dibajak oleh perompak.



Dalam serbuan tersebut, Tim VBSS Lantamal VI dengan cepat melaksanakan operasi pembebasan sandera yang diakhiri dengan melumpuhkan satu per satu para perompak yang berjumlah 4 orang.

Skenario latihan tersebut digelar pada hari ketiga Penilaian Pangkalan TNI AL Teladan oleh Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Disopslatal).

Komandan Lantamal VI (Lantamal VI) Laksamana Pertama TNI, Benny Sukandari mengatakan latihan VBSS yang dilaksanakan itu merupakan tanda keseriusan Lantamal VI sebagai salah satu kandidat untuk penilaian Pangkalan TNI AL Teladan dan dalam hal mengamankan wilayah perairan di wilayah kerjanya dari gangguan yang terdeteksi maupun tidak seperti pembebasan sandera tersebut.

“Profesionalisme sebagai seorang prajurit TNI AL khususnya sebagai prajurit kapal perang sangat diperlukan dalam hal peperangan, termasuk dalam mengamankan wilayah perairan dari kejahatan seperti melumpuhkan perompak kapal serta membebaskan sandera yang dilaksanakan ini," ujarnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)