Tenaga Medis Terpapar Corona, Pintu Masuk RSUP Sardjito Diperketat

Senin, 20 April 2020 - 16:45 WIB
loading...
Tenaga Medis Terpapar Corona, Pintu Masuk RSUP Sardjito Diperketat
Pasien dan siapa saja pengunjung RSUP Dr Sardjito harus pakai masker dan diperiksa suhu tubunya. Foto/IST
A A A
YOGYAKARTA - RSUP Dr Sardjito Yogyakarta memperketat akses keluar masuk rumah sakit untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pasien, pengunjung, maupun tenaga medis. Setiap orang yang akan masuk di-screening dan wajib mengenakan masker.

"Bagi yang tidak memakai masker akan diberi masker dan yang diketahui suhu tubuhnya tinggi langsung akan dibawa ke Poli Covid-19," kata Kepala Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan, Senin (20/4/2020).

Banu menjelaskan, langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus melindungi terpaparnya tim medis dari corona. Dia mengimbau kepada pasien untuk jujur saat diperiksa, terutama soal penyakitnya. ( )

"Ini guna menghambat virus corona sekaligus melindungi tim medis sebagai garda terdepan dalam penangganan Covid-19," katanya.

Menurut Banu, RSUP Dr Sardjito kini telah bisa melakukan pemeriksaan PCR. Pasien masuk langsung bisa di-swab dan diketahui hasilnya. Jika negatif, maka dilakukan perawatan sesuai dengan indikasi sakit pasien. Namun jika positif, maka langsung dilakukan penananganan sesuai standar Covid-19.

"Ini membantu mobilitas pasien. Jika negatif langsung keluar dari ruang ICCU, jika positif langsung dibawa ke ruang isolasi. Pasien Covid-19 dirawat di ruang isolasi melati 5 dan akan ditambah lagi di ruang Gatotkaca yang memiliki 16 bed," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)