alexametrics

Dinyatakan Negatif, Warga Lembata Diharapkan Jadi Corong Covid-19

loading...
Dinyatakan Negatif, Warga Lembata Diharapkan Jadi Corong Covid-19
14 PDP Kabupaten Lembata saat di lokasi Karantina Puskemas Pada, Kecamatan Nubatukan, Sabtu (23/5/2020).
A+ A-
LEWOLEBA - "Hari ini kamu semua bisa pulang dan dapat kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing karena hasil SWAB 2 (dua) kali negatif. Kamu semua harus menjadi corong Covid-19 kepada masyarakat Lembata,". Demikian penyampaian Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lembata Paskalis Ola Tapobali, ketika melepas 14 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kabupaten Lembata di lokasi Karantina Puskemas Pada, Kecamatan Nubatukan, Sabtu (23/5/2020).

Paskalis Ola Tapobali mengatakan bahwa hasil SWAB sudah dinyatakan negatif bukan berarti bebas Covid-19, karena bisa saja kembali menjadi PDP jika tidak menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita patut bersyukur kepada Tuhan, bahwa hasil SWAB kedua menyatakan ke-14 PDP dari Kabupaten Lembata negatif Covid-19. Saat ini masih tersisa lima orang yang berada di ruang karantina, dan sementara menunggu hasil SWAB pertamanya. Mudah-mudahan yang masih berada di dalam karantina, dapat mengikuti jejak ke-14 PDP yang pulang hari ini. Itu pun jika hasil pemeriksaan SWAB pertama dan kedua negatif. Maka mereka juga pasti akan dipulangkan," jelas Tapobali yang juga Sekda Lembata.

Selain itu, Sekda mengingatkan agar jangan mengucilkan PDP, tetapi terima mereka seperti biasanya. Ia juga berharap agar masyarakat senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Pada kesempatan itu juga Paskalis menyerahkan surat keterangan hasil pemeriksaan SWAB dari Rumah Sakit Umum W.Z. Johanes Kupang yang menyatakan ke-14 PDP adalah negatif Covid-19 dan menyerahkan bingkisan Ramadan kepada mereka yang merayakannya.

Muhamad Darwis, salah satu perwakilan dari ke-14 PDP mengatakan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, dan permohonan maaf jika selama berada di rumah karantina ada sikap atau perbuatan yang kurang berkenan.

Turut hadir dalam acara pelepasan ke-14 PDP, Koordinator Seksi Karantina dan Isolasi Apolonaris Mayan, Juru Bicara Covid-19 Lembata Lucya Sandra dan Kepala Bagian Kehumasan dan Publikasi Covid-19 Markus Labi.

Pantauan Yan Moruk Tim Redaksi Kominfo, tampak ada senyum bahagia dari wajah ke-14 PDP tersebut. Pemulangan ke-14 PDP itu difasilitasi dengan menggunakan kendaraan roda empat milik Pemda Lembata.(tim kominfo lembata)
(alf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak