Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya

Sabtu, 29 Mei 2021 - 03:18 WIB
loading...
A A A
"Penyelesaian konflik di Papua , untuk seluruh rakyat di tanah Papua. Tanggung jawab itu, bukan hanya kami yang ada di Jayapura (Forkompinda Provinsi Papua ), tetapi ada pada para pemimpin di kabupaten, karena merekalah para Forkompinda di daerah yang akan selalu menyentuh di depan, termasuk masyarakat yang sedang bergolak," ungkapnya.

Lebih lanjut Fakhiri mengatakan, dalam pertemuan tersebut ada masukan-masukan yang selama ini belum dapat disampaikan kepada pemerintah pusat, hal ini dikarenakan adanya sumbatan-sumbatan yang kerap menghambat. Dengan adanya dialog dan diskusi dengan para Forkompinda kabupaten/kota di Papua ini, semua masukan ini dapat disampaikan kepada pemerintah pusat.

Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya


Fakhiri mengaku, dirinya bersama Pangdam Cenderawasih , Pangkogabwilhan III, serta semua pihak dalam satu visi untuk penyelesaian konflik di Papua , yakni dengan mengedepankan pendekatan kesejahteraan yang merupakan amanah Presiden Joko Widodo.

"Saya, bersama Bapak Pangdam Cenderawasih , kita dalam satu visi. Termasuk nanti Bapak Pangkogabwilhan III juga kita satu visi. Kita mengendapankan pendekatan kesejahteraan sebagai amanah, perintah Bapak Presiden. Jadi sudah sangat jelas, kita mau merubah pola pendekatan," ujarnya.



Lanjut Fakhiri, pihaknya bersedia membuka ruang dialog dengan semua pihak termasuk dengan kelompok yang bersebrangan dengan pemerintah. Juga dengan kelompok teroris bersenjata.

Dirinya juga meminta kepada pekerja pers untuk dapat menyampaikan fakta-fakta pemberitaan yang positif apa saja yang telah dilakukan pemerintah daerah, TNI, Polri dalam membangun Papua , dan warga Papua .

Hal ini menurutnya, agar semua sama-sama merubah cara pandang dan parameter terhadap Papua . Di mana memandang Papua, harus dilihat dari sudut pandang Papua , bukan dari luar Papua .

Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)