Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya

Sabtu, 29 Mei 2021 - 03:18 WIB
loading...
Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fakhiri. Foto/Inews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
JAYAPURA - Konflik kekerasan yang berujung pada pertumpahan darah, bertubi-tubi mendera Bumi Cenderawasih Papua . Aksi kekerasan tersebut, membuat trauma tersendiri bagi warga Papua , yang tentunya sangat menginginkan perdamaian di tanah kelahirannya.



Upaya mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian di "Tanah Damai" terus dilakukan, meskipun masih sangat jauh dari kenyataan dan cita-cita. Dana Otonomi Khusus (Otsus) yang digelontorkan, belum juga menyentuh langsung kebutuhan masyarakat Papua .



Kontak senjata antara aparat TNI-Polri, dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sebagai kekuatan militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), atau yang akrab disebut teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih saja terjadi di sejumlah wilayah.



Melihat kondisi Papua , dan pola penyelesaian masalah Papua , Kapolda Papua , Irjen Pol. Mathius Fakhiri memberikan pandangan, bahwa tanggung jawab penyelesaian konflik berkepanjangan di tanah Papua , merupakan tanggung jawab semua pihak.

Jenderal polisi bintang dua ini menegaskan, penyelesaian konflik tersebut bukan hanya tanggungjawab Pemprov Papua , dan Forkompinda Papua , melainkan juga tanggungjawab dan pemerintah daerah.

Adanya kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI di Papua, menurut perwira tinggi Polri yang pernah menjabat sebagai Wakapolda Papua Barat ini, sebagai hal yang sangat penting agar para petinggi TNI-Polri dapat mendengar langsung masukan-masukan yang diberikan langsung oleh para Forkompinda di daerah baik di kabupaten/kota di Papua .

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7218 seconds (0.1#10.140)