Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya

loading...
Aksi Kekerasan Masih Mendera Bumi Cenderawasih, Kapolda Papua: Dialog Penyelesainnya
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fakhiri. Foto/Inews TV/Chanry Andrew Suripaty
JAYAPURA - Konflik kekerasan yang berujung pada pertumpahan darah, bertubi-tubi mendera Bumi Cenderawasih Papua . Aksi kekerasan tersebut, membuat trauma tersendiri bagi warga Papua , yang tentunya sangat menginginkan perdamaian di tanah kelahirannya.

Baca juga: Gugur Diserang Kelompok Bersenjata, Jenazah Briptu Stevanus Mario Sanoi Belum Dievakuasi

Upaya mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian di "Tanah Damai" terus dilakukan, meskipun masih sangat jauh dari kenyataan dan cita-cita. Dana Otonomi Khusus (Otsus) yang digelontorkan, belum juga menyentuh langsung kebutuhan masyarakat Papua .



Kontak senjata antara aparat TNI-Polri, dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sebagai kekuatan militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), atau yang akrab disebut teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih saja terjadi di sejumlah wilayah.

Baca juga: TKA Tewas di Proyek Pembangunan PLTA Batangtoru, Ini Pernyataan Resminya



Melihat kondisi Papua , dan pola penyelesaian masalah Papua , Kapolda Papua , Irjen Pol. Mathius Fakhiri memberikan pandangan, bahwa tanggung jawab penyelesaian konflik berkepanjangan di tanah Papua , merupakan tanggung jawab semua pihak.

Jenderal polisi bintang dua ini menegaskan, penyelesaian konflik tersebut bukan hanya tanggungjawab Pemprov Papua , dan Forkompinda Papua , melainkan juga tanggungjawab dan pemerintah daerah.

Adanya kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI di Papua, menurut perwira tinggi Polri yang pernah menjabat sebagai Wakapolda Papua Barat ini, sebagai hal yang sangat penting agar para petinggi TNI-Polri dapat mendengar langsung masukan-masukan yang diberikan langsung oleh para Forkompinda di daerah baik di kabupaten/kota di Papua .
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top