Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Cellica: Elektabilitas Naik, AHY Teruji Solidkan Partai

loading...
Cellica: Elektabilitas Naik, AHY Teruji Solidkan Partai
Ketua DPC Partai Demokrat Karawang , Cellica mengatakan naiknya popularitas dan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam sejumlah survei nasional merupakan peristiwa politik alamiah. SINDOnews/Nila
KARAWANG - Ketua DPC Partai Demokrat Karawang yang juga Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan naiknya popularitas dan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam sejumlah survei nasional merupakan peristiwa politik alamiah.

Figur AHY dinilai sudah teruji membawa gerbong partai menjadi partai disegani. Salah satu yang paling penting yaitu berhasil membangun soliditas anggota partai hingga ke daerah.

"Soliditas menjadi kunci kemenangan ketika partai mendapat gangguan. Partai Demokrat dibawah AHY menjadi seksi sehingga banyak petualang politik ingin merusak. Tapi AHY berhasil mengelola setiap konflik dengan baik," kata Cellica, Minggu (23/5/21).

Menurut Cellica, naiknya popularitas dan elektabilitas AHY atau partai menjadi tanggungjawab setiap kader di daerah untuk dijaga atau bahkan harus ditingkatkan lagi. "Kalau di Karawang nama AHY sudah dikenal dekat karena beliau saat masih aktif di TNI, pernah tugas di Karawang. Kami tinggal melakukan penguatan saja, " katanya.

Sebelumnya Perkumpulan Kader Bangsa bekerjasama dengan Akar Rumput Strategic Consulting merilis survei nasional yang dilakukan akhir April- awal Mei 2021 (22/5).

Dalam survei ini, Partai Demokrat masuk dalam tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi, dengan proyeksi elektabilitas 14,8%, sedikit dibawah, masih dalam margin error, dengan Partai Gerindra (15,03%) dan PDI-P (19,6%). Elektabilitas AHY masuk dalam enam besar, tapi jika dibandingkan dengan Ketua-ketua Umum partai politik lain, AHY berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89%. Baca: Bus AKAP Ugal-ugalan Hajar Truk Boks di Madiun, Sopir Terjepit Bersimbah Darah.



Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode stratified random sampling, menggunakan teknik wawancara telepon. 54,8% responden berada pada rentang usia 21-30 tahun, dan sebagian besar pelajar/mahasiswa (33%), karyawan swasta (28%) serta pengusaha/wirausaha (17%).

Dalam survei sebelumnya, yaitu dari balitbang Kompas, Indikator politik dan LP3 ES juga menempatkan AHY dan partai Demokrat di posisi papan atas. Hasil sejumlah lembaga survei ini menuntut setiap kader bekerja lebih maksimal agar meningkatkan hasil perolehan partai. Baca Juga: Pesawat Batik Air Tabrak Garbarata di Bandara Ngurah Rai, Semua Penumpang Selamat.

Menurut Cellica naiknya pamor Partai Demokrat dalam sejumlah survei tidak lepas dinamika internal partai. Apalagi menyangkut isu KLB ilegal yang justru menaikan popularitas partai dan AHY. "Semua ada hikmahnya, ketika ada kelompok yang ingin merusak justru kami makin kuat," pungkasnya.
(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top