Gempa Bumi M 6,2 Guncang Jatim, BPBD: 31 Daerah Terdampak, 47 Rumah Rusak

Sabtu, 22 Mei 2021 - 00:50 WIB
loading...
Gempa Bumi M 6,2 Guncang Jatim, BPBD: 31 Daerah Terdampak, 47 Rumah Rusak
Rumah warga rusak akibat gempa bumi yang berpusat di tenggara Kabupaten Blitar. Foto/Dok. BPBD Jatim
A A A
MALANG - Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang mengguncang sejumlah wilayah di Pulau Jawa, hingga Bali dan NTB, menimbulkan sejumlah kerusakan bangunan rumah milik warga. BPBD Jatim menyebut, gempa tersebut berdampak pada 31 kabupaten/kota di Jatim.



Dari jumlah wilayah yang terdampak gempa bumi tersebut, Pusdalops BPBD Jatim menyebutkan, sebanyak lima daerah dinyatakan mengalami kerusakan akibat guncangan gempa yang terjadi pada Jumat (21/5/2021) pukul 19.09 WIB.



Daerah-daerah itu, disebut Pusdalops BPBD Jatim merasakan getaran berbeda-beda . Terkencang dengan kekuatan V skala MMI yakni Kota Blitar, dan Kabupaten Blitar, dirasakan IV skala MMI yakni Kabupaten Malang, Lumajang, Nganjuk, dan Tulungagung.



Berikutnya gempa dirasakan di Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, dan Jember, dirasakan dengan kekuatan III skala MMI. Sementara daerah yang merasakan kekuatan gempa II skala MMI yakni Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Bojonegoro, Kediri, Mojokerto, Bondowoso, hingga Banyuwangi.

Kelima daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Malang. Di Kabupaten Blitar, ada 14 rumah warga rusak, empat fasilitas umum warga rusak, dan satu orang dilaporkan luka berat .



Pusdalops BPBD Jatim menyebut, untuk wilayah Kabupaten Malang ada 28 rumah yang rusak , lima fasilitas umum rusak, satu orang luka ringan. Sedangkan di Kabupaten Lumajang, terdapat tiga rumah rusak. Sementara di Kota Malang, dan Kabupaten Pasuruan, dilaporkan masing-masing terdapat satu rumah warga yang rusak.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)