Gempa M6,4 Guncang Gorontalo, 2 Masjid dan Satu Sekolah Rusak

Selasa, 24 September 2024 - 13:40 WIB
loading...
Gempa M6,4 Guncang Gorontalo,...
Gempa Magnitudo 6,4 yang mengguncang Gorontalo, Selasa (24/9/2024) dini hari. Gempa mengakibatkan dua masjid dan satu gedung sekolah mengalami kerusakan. Foto/Istimewa
A A A
GORONTALO - Gempa Magnitudo 6,4 yang mengguncang Gorontalo , Selasa (24/9/2024) dini hari. Gempa mengakibatkan dua masjid dan satu gedung sekolah mengalami kerusakan.

“Dilaporkan terdapat dua fasilitas ibadah rusak ringan yakni Masjid Besar An-Nur Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Dan Masjid Al-Ikhlas Desa Bunga Baru, Kec. Luwuk Utara, Kab. Banggai, Suteng,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).



Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus mengatakan selain dua masjid yang rusak juga ada satu unit gedung Sekolah Dasar (SD) yang berada di Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara mengalami kerusakan.

“Terdampak 2 masjid, 1 unit sekolah SD. Bangunan yang rusak mengalami keretakan hingga dindingnya roboh. Bangunan yang mengalami kerusakan berada di Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara, Banggai,” jelasnya.

Sebelumnya, menurut hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Sangihe,” papar Daryono.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, Pohuwato, Luwuk, Bone Bolango, Boalemo dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), dan daerah Gorontalo Utara, Buol dan Bolaang Mongondow Timur dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)