Nahkoda Kapal Positif COVID-19, Semua Kru Dirapid Antigen

Selasa, 18 Mei 2021 - 13:04 WIB
loading...
Nahkoda Kapal Positif COVID-19, Semua Kru Dirapid Antigen
Seorang nahkoda kapal positif COVID-19. Seluruh kru dilakukan tes rapid antigen.
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Nahkoda kapal pengangkut barang, Tirta Samudara XXXVIII berinisial DA dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Sebelumnya kapal ini bersandar di Pelabuhan Panglima Utar Kumai pekan lalu.

"Untuk nahkoda yang positif COVID-19 kini sedang dirawat di Rumah Sakit Imanuddin Pangkalan Bun,” ujar tim gabungan yang juga Babinsa Kumai Hulu Serka Hengky, Koramil 1014 -02/Kumai sata dikonfirmasi MNC Media Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Terungkap, Bocah Nahkoda Perahu Wisata Ternyata Keponakan Pemilik Rumah Makan Apung

Ia melanjutkan, menindaklanjuti hal ini akhirnya 9 kru kapal dilakukan rapid antigen di atas kapal oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kumai dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat bertempat di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Senin (17/05/2021).

“Pelaksanaan rapid antigen dilakukan dengan pengawalan bersama Bhabinkamtibmas, Petugas KKP, KPLP, dan KP3 Kumai. Sebanyak 9 orang kru Kapal mengikuti Rapid Antigen,” ujar Hengky.

Ia menjelaskan, untuk menjamin kelancaran rapid antigen bagi 9 kru kapal, babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu melakukan pendampingan. “Mengenai hasil pemeriksaan Rapid Antigen yang telah dilakukan silahkan berhubungan dengan petugas dari dinas kesehatan tekait untuk mengetahui hasilnya,” katanya.

Baca juga: Dramatis! Proses Evakuasi Lansia Sakit Terjebak di Kamar Lantai Dua

Ia juga menerangkan, rapid antigen ini dilakukan dalam rangka deteksi dini atau antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Pelabuhan Panglima Utar Kumai khususnya kru kapal yang melayani pelayaran menuju dan dari Pulau Jawa .

“Hal ini sebagai upaya untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dan mengantisipasi secara dini penyebarannya terhadap kru Kapal dan Petugas lainnya di pelabuhan.”
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)