Markasnya Digempur Pasukan Elit TNI-Polri, Panglima TPNPB OPM Thitus Murib Kwalik Sebar Video Propaganda

Senin, 17 Mei 2021 - 18:49 WIB
loading...
Markasnya Digempur Pasukan Elit TNI-Polri, Panglima TPNPB OPM Thitus Murib Kwalik Sebar Video Propaganda
Panglima Tertinggi Komando Militer Daerah III TPNPB OPM Thitus Murib Kwalik mengeluarkan video propaganda usai wilayahnya menjadi sasaran penyisiran Pasukan Elit TNI-Polri. Foto Ist
A A A
ILAGA - Panglima Tertinggi Komando Militer Daerah III TPNPB OPM Thitus Murib Kwalik mengeluarkan video propaganda usai wilayahnya menjadi sasaran penyisiran Pasukan Elit TNI-Polri. Dalam video berdurasi 44 detik tersebut Thitus Murib Kwalik yang berpidato dengan diapit dua bendera bintang kejora mengimbau kepada semua kodap setiap wilayah harus bergerak jangan diam menonton untuk terus melawan Pasukan TNI Polri.

Thitus Murib Kwalik juga memerintahkan agar Kodap-Kodap tetap mempertahankan pos-pos yang ada anggota militer TPNPB OPM. "Kami menghadapi musuh kita dan perang ini untuk merebut hak hak rakyat Papua," kata Thitus Murib Kwalik.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kol Czi IGN Suriatiawa mengaku enggan menanggapi beredarnya video tersebut.



Sementara pada 10 Mei 2021 lalu Thitus Murib Kwalik juga telah mengeluarkan surat perintah operasi umum. Dalam Surat PO Umum yang diterima SINDOnews dan ditandatangani Panglima Tertinggi Komando Militer Daerah (Kodap) III TPNPB OPM Thitus Murib Kwalik di Ilaga pada 10 Mei 2021 disebutkan agar tetap melakukan perlawanan terhadap Pasukan TNI-Polri.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Arh Reza Nur Patria juga enggan berkomentar banyak soal beredarnya surat dari pimpinan TPNPB OPM Thitus Murib Kwalik.

"Terimakasih informasinya, bila ada perkembangan akan disampaikan terimakasih," kata Kapendam XVII/Cenderawasih dalam pesan WhatsApp yang diterima SINDOnews beberapa waktu lalu.



Sebelumnya pada Kamis (13/5/2021) Lesmin Walker Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau lebih dikenal dengan nama Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan seorang ajudannya ditembak mati Pasukan Elit TNI-Polri. Lesmin ditembak mati setelah terjadi kontak tembak antara KKB pimpinan Lerimayu Telenggen tersebut dengan Pasukan Elit TNI yaitu Satgas Nanggala Kopassus , Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo mengatakan kontak tembak terjadi di Kampung Wuloni, Kamis (13/5/2021) sekitar pukul 07.30 WIT. Dan menewaskan dua anggota KKB.

"Betul ada kontak tembak di sekitar Kampung Wuloni, Ilaga. Laporan yang saya dapat sampai saat ini dua orang KKB tewas dan masih diadakan pembersihan," ujar jenderal berbintang dua tersebut kepada MNC Portal Indonesia beberapa waktu lalu.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2593 seconds (0.1#10.140)