Master Kapal MT ARK Progress dari India Positif COVID, Polres Dumai Langsung Evakuasi ke Rumah Sakit

Kamis, 06 Mei 2021 - 13:35 WIB
loading...
Master Kapal MT ARK Progress dari India Positif COVID, Polres Dumai Langsung Evakuasi ke Rumah Sakit
Master Kapal Motor berbendera India M.T. ARK Progress, JRM (64) asal India dinyatakan positif COVID-19
A A A
DUMAI - Master Kapal Motor berbendera India M.T. ARK Progress, JRM (64) asal India dinyatakan positif COVID-19 . Polres Dumai berkoordinasi dengan pihak terkait segera melakukan evakuasi ke rumah sakit demi keselamatan nyawa pasien dan orang lain.

“Kami koordinasikan, ternyata Ruangan Isolasi Pasien Positif Covid-19 di RSUD Kota Dumai telah penuh sehingga kita lakukan evakuasi ke salah satu RS di Pekanbaru pada Minggu (2/5/2021) yang lalu dengan pengawalan ketat,” terang Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira Sik MH.

Baca juga: Kelabuhi Petugas Agar Pesawat Meski Kena COVID-19, Pemuda Ini Ditangkap di Kobar

Menurut Ananta, Kapal M.T. ARK Progress asal India tersebut berada di perairan Laut Dumai untuk proses pemuatan di Dermaga PT. Energi Unggul Persada. Pihaknya sejak awal intens berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai dan Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk evakuasi WNA asal India yang terpapar COVID-19.

Sebagaimana aturan, pemantauan dan penanganan keluar masuknya kapal dipelabuhan Dumai menggunakan standar internasional. Diketahuinya awak kapal MT. ARK Progress positif covid 19, ketika kapal yang akan masuk pelabuhan masih di perairan dil uar area pelabuhan, petugas kesehatan pelabuhan melakukan pengecekan terhadap seluruh awak kapal.

Dengan menggunakan kapal tunda petugas naik keatas kapal dan melakukan standar pengecekan terhadap seluruh awak kapal sebanyak 21 orang menggunakan swap antigen dan didapatkan 1 orang reaktif yakni kapten kapal.

Baca juga: Pemudik Motor Ini Lolos Penyekatan dari Jakarta ke Sragen, Ternyata Jalan Ini yang Dilalui

Sesuai standar pemeriksaan, yang reaktif dilanjutkan dengan pemeriksaan swap PCR dengan hasil positif dan kapal diperintahkan berhenti dan dikarantina dengan di naikan bendera kuning. Selanjutnya petugas kesehatan berkoordinasi dengan satgas COVID-19 Kota Dumai untuk memindahkan pasien positif ke RS.

"Dan karena mereka ini berasal dari India yang merupakan negara endemi COVID-19, maka terhadap seluruh awak kapal yang pada awalnya negatif swap antigen diperintahkan tetap berada dikapal dan dilakukan swap PCR sebagai bentuk kehati hatian satgas menghadapi pasien yang berasal dari negera endemi covid-19 yang berbahaya,” terang Ananta.

“Hasilnya 4 orang ABK dinyatakan positif sehingga dilakukan pemisahan awak kapal, dan terhadap yang positif dilakukan perawatan diatas kapal menunggu perkembangan dari tim kesehatan pelabuhan,” imbuhnya.

Kapal MT. ARK Progress adalah kapal tangker mengangkut minyak sawit yang diekspor dari Dumai ke India dengan bobot 6000 Metrik Ton. Buah awit merupakan produk unggulan provinsi Riau yang diproses menjadi minyak sawit untuk diolah menjadi produk turunan seperti makanan, sabun dan lain lainnya.

Setiap tahun provinsi Riau menghasilkan 8,72 juta TON minya sawit yang dikonsumsi didalam negeri maupun diekspor ke luar negeri.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)