Puluhan Pemudik Buruh Migran Blitar Mulai Jalani Swab Test COVID-19

loading...
Puluhan Pemudik Buruh Migran Blitar Mulai Jalani Swab Test COVID-19
Foto/ilustrasi SINDOnews
BLITAR - Sebanyak 58 orang buruh migran Kabupaten Blitar, Selasa ini (4/5) mulai menjalani swab test atau PCR. Sejak tiba Minggu (2/5), mereka langsung diisolasi di hotel yang disediakan Pemkab Blitar. "Tes PCR mulai hari ini," ujar Juru Bicara Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Eko Wahyudi kepada wartawan Selasa (4/5/2021).

Jelang lebaran Idul Fitri para buruh migran asal Kabupaten Blitar terus berdatangan. Pada 30 April, ada 8 orang. Kemudian 1 Mei sebanyak 12 orang. Lalu pada 2 Mei datang lagi 58 orang buruh migran. Sebelumnya sepanjang 9-24 April, jumlah buruh migran yang pulang sebanyak 197 orang. Sebagian besar dari Negara Hongkong, Malaysia dan Singapura. Baca juga: Pekerja Migran yang Mudik Jalani Karantina di Rusunawa

Pulang ke tanah air karena faktor kontrak kerja telah habis. Menyambut kedatangan para buruh migran tersebut, Pemkab menyewa hotel untuk isolasi. Diantaranya di wilayah Kecamatan Ponggok, Kecamatan Wlingi dan gedung Poltekes Kota Blitar. Menurut Eko, pemeriksaan swab test buruh migran dilakukan di hotel.

"Kita mengirim petugas kesehatan ke hotel," kata Eko. Swab test dilakukan setelah buruh migran menjalani isolasi selama tiga hari Untuk 8 buruh migran dan 12 migran yang tiba pada 30 April dan 1 Mei, hasil swab tesnya semua negatif. Mereka langsung diizinkan pulang. Eko berharap hasil swab test 58 buruh migran, juga negatif. Baca juga: Mudik Dari Luar Negeri, 15 TKI Asal Madiun Langsung Diisolasi di Sanggar Pramuka

"Hasilnya besok pagi keluar," pungkas Eko. Seperti diketahui, jumlah buruh migran asal Kabupaten Blitar pada tahun 2021 sebanyak 522 orang. Mereka mayoritas bekerja di Negara Hongkong. Jumlah terbanyak diantaranya para perempuan yang bekerja pada sektor informal.

(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top