Temui Eks Buruh Migran Cianjur, Ganjar Diminta Beri Perlindungan dan Pendampingan

Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:28 WIB
loading...
Temui Eks Buruh Migran Cianjur, Ganjar Diminta Beri Perlindungan dan Pendampingan
Ganjar Pranowo menemui para eks buruh migran asal Cianjur. Foto/Ricky Susan/MPI
A A A
CIANJUR - Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024, Ganjar Pranowo menemui para eks buruh migran asal Cianjur saat kunjungannya ke Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

Dalam pertemuan di salah satu rumah makan di Cianjur, para pahlawan devisa menceritakan kisah pedihnya saat bekerja di luar negeri.

Salah seorang eks buruh migran, Siti Sukaesih menceritakan pengalamannya saat menjadi buruh migran di Dubai. Dirinya mengatakan mendapat perlakuan tidak senonoh oleh sang majikan.

"Saat saya menolak, saya dilaporkan pada polisi. Saya minta tolong pada KBRI tapi tidak ada jawaban. Telepon juga tidak pernah diangkat. Akhirnya saya dipulangkan pak, tanpa membawa uang sepeserpun," cerita Siti kepada Ganjar.



Hal senada juga disampaikan eks buruh migran lainnya, Yogi yang bekerja di Arab Saudi. Dia menceritakan, selama bekerja tidak pernah dibayar.

"Bahkan saya sempat kecelakaan dan dirawat di rumah sakit, tapi pihak perusahaan di sana tidak mau mengurusi. Akhirnya saya kabur dan mencari pekerjaan baru. Tapi saya tidak dibayar selama lima bulan," jelasnya.

Dirinya juga sudah sering meminta bantuan pada pemerintah Indonesia yang ada di sana. Namun laporan tidak pernah direspon bahkan terkesan diabaikan.

"Untuk itu saya berharap pada pak Ganjar, bapak kan calon pemimpin negeri ini. Tolong berikan perlindungan pada kawan-kawan buruh migran pak. Tolong perbaiki sistem dan tempatkan orang-orang yang peduli pada nasib buruh migran seperti kami," ucapnya.



Selain Yogi dan Siti, di tempat itu ada belasan eks buruh migran yang mengalami nasib sama. Mereka saat ini berkumpul menjadi relawan dan membantu teman-temannya yang mengalami nasib serupa.

"Kami sekarang banyak membantu teman-teman buruh migran yang mengalami masalah di luar negeri. Kami harap pak Ganjar juga membantu para eks buruh migran agar tetap mandiri dengan mengembangkan usaha," kata koordinator eks buruh migran Cianjur, Nining.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2672 seconds (0.1#10.140)