Ketersediaan Sapi di Bangka Tengah pada H-10 Hari Raya Idul Fitri Dinyatakan Aman

Senin, 03 Mei 2021 - 06:12 WIB
loading...
Ketersediaan Sapi di Bangka Tengah pada H-10 Hari Raya Idul Fitri Dinyatakan Aman
Stok sapi di rumah ternak dan penjualan sapi H. Sarmud Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah (Foto:iNews.id/Rachmat Kurniawan)
A A A
BANGKA TENGAH - Memasuki H-10 Hari Raya Idul Fitri, stok sapi di Kabupaten Bangka Tengah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dinyatakan aman. Saat ini ketersediaan sapi di tiga rumah ternak dan penjualan sapi besar di Kabupaten Bangka Tengah ada 232 ekor sapi siap jual.

“Untuk ketersediaan sapi kita menjelang Hari Raya Idul aman. Tiga rumah ternak dan penjualan sapi terbesar di Kabupaten Bangka Tengah juga saat ini memiliki stock sapi yang cukup. Seperti di H. Sarmud Kecamatan Koba saat ini memiliki 92 ekor sapi, Sapi Center Kampung Dul memiliki 80 ekor sapi dan rumah ternak H. Rustam Desa Mangkol memiliki 60 ekor sapi,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sadjidin, Minggu (02/05/2021).

Baca juga: Hampir Seluruh Dosen dan Karyawan Berharap Adik Bungsu Menkopolhukam Mahfud MD Nahkodai Unitomo

Dengan ketersediaan itu, diperkirakan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. “Kebutuhan perhari pada H-10 Hari Raya Idul Fitri saat ini, setiap rumah ternak dan penjualan sapi mampu memotong lima ekor sapi. Angka ini diperkirakan akan naik pada H-tiga lebaran hingga mencapai 20 ekor sapi perharinya,” ujar Sadjidin.

Selain mengandalkan ketersediaan sapi di rumah ternak, ketiga rumah ternak inipun di ketahui akan kembali mendatangkan sapi dari sejumlah daerah di luar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: 8 Pasangan Terjaring Mesum di Bulan Puasa, Minyak Lintah dan Alat Kontrasepsi Diamankan

“Untuk rumah ternak milik H. Sarmud ini setiap minggunya mendatangkan sebanyak 30 ekor sapi dari Lampung. Sedangkan untuk Sapi Center diketahui akan mendatangkan sapi Madura sebanyak 90 ekor dan sapi Bali sebanyak 50 ekor,” ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)