101 Desa Perbatasan di Jabar Bakal Dapat Perhatian Lebih

Jum'at, 30 April 2021 - 19:22 WIB
loading...
101 Desa Perbatasan di Jabar Bakal Dapat Perhatian Lebih
Foto/ilustrasi SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sebanyak 101 desa perbatasan di Jawa Barat bakal mendapatkan perhatian lebih, baik dalam hal infrastruktur, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat lainnya. Perhatian tersebut penting, mengingat mereka sebagai gerbang utama perbatasan dengan Provinsi Banten dan Jawa Tengah.

Optimalisasi desa perbatasan salah satunya dengan membantu optimalisasi BUMDes di 101 desa perbatasan. Tak hanya itu, berbagai pembangunan seperti perbaikan situ dan irigasi di desa perbatasan terus dikerjakan."Ada juga bantuan keuangan khusus dari provinsi, pembangunan rutilahu, dan bantuan listrik gratis," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono dalam siaran persnya.

Bambang menambahkan, pihaknya pun memastikan adanya keberpihakan bagi desa-desa yang tidak berbatasan langsung dengan provinsi lain, seperti insentif untuk setiap anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan menyediakan media luar ruang (papan reklame).

Menurutnya, provinsi akan memberi anggaran untuk pembuatan papan reklame di setiap desa. "Nantinya billboard ini multifungsi, bisa untuk menginformasikan program-program provinsi, pemerintahan desa, atau untuk promosi produk-produk desa," katanya.

Selain itu, menurut dia pihaknya juga mengupayakan agar pemerintah desa meningkatkan tata kelola keuangan, salah satunya dengan menggunakan nontunai dalam setiap transaksi. "Nontunai akan lebih cepat, lebih tepat, akurat, dan akuntabel. Kita sudah bekerjasama dengan bank bjb untuk menyiapkan aplikasinya," ujarnya.

Bambang pun meminta aparatur desa agar senantiasa mengikuti setiap aturan demi tertibnya laporan administrasi dan pertanggungjawaban lainnya. "Laksanakan sesuai dengan apa yang diarahkan dalam juklak dan juknis. Jadi bankeu segera laksanakan, dipertanggungjawabkan sesuai juklak juknis," katanya. Baca juga: Kapolda Metro Jaya Beri Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Masjid Cut Meutia

Terakhir, pihaknya juga membangun tugu desa untuk mempertegas batas administrasi wilayah. Terdapat 101 desa di Jawa Barat yang berbatasan langsung baik dengan Jawa Tengah dan Banten.

Dia memastikan pihaknya akan membangun tugu desa di seluruh daerah perbatasan tersebut. "Yang terbaru yang kemarin diresmikan, di Desa Singabraja dan Singabangsa, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Sebelumnya pada 2020 sudah dibangun tujuh tugu desa," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5050 seconds (0.1#10.140)