Gelar Sidang Tahunan di Bandung, HIMPUNI Bahas Masalah Ekonomi hingga Ketahanan Pangan

Minggu, 14 Januari 2024 - 15:13 WIB
loading...
Gelar Sidang Tahunan di Bandung, HIMPUNI Bahas Masalah Ekonomi hingga Ketahanan Pangan
PTN se-Indonesia yang tergabung dalam HIMPUNI menggelar Sidang Tahunan Majelis Umum HIMPUNI 2024 yang berlangsung di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Sabtu (13/1/2024). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (HIMPUNI) menggelar Sidang Tahunan Majelis Umum 2024 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Sabtu (13/1/2024). Koordinator Presidium HIMPUNI, Sutopo Kristanto mengatakan, sidang tahunan kali ini bertema 'HIMPUNI Berkomitmen Penuh Menuju Indonesia Emas 2045'.

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa sesi diskusi dengan membahas terkait masalah ekonomi, teknologi dan ketahanan pangan . “Kita melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia tumbuh secara baik dan masuk menjadi empat besar pertumbuhan terbesar di dunia," kata Sutopo.

Menurut dia, fakta ini patut diapresiasi karena merupakan keberhasilan dari orchestra moneter dan fiskal yang baik. “Untuk itu pertumbuhan ekonomi ini perlu dijaga bersama, tentunya kita ingin memberikan suasana kedamaian dan soliditas yang harus dijaga bersama," imbuhnya.



Kemudian, dari sisi teknologi juga harus menjadi perhatian bersama guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Agar masyarakat kita dapat bersama-sama keluar dari middle income trend," ucapnya.

Terkait ketahanan pangan, Sutopo mengatakan, bahwa lahan-lahan produktif di Indonesia saat ini semakin berkurang. "Saat ini ada baiknya juga kita memanfaatkan lahan eks tambang untuk menjadi lahan produktif," imbuhnya.

Dalam kegiatan kali ini, HIMPUNi juga melakukan penandatangan kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membentuk Relawan Tanggap Bencana. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan Koordinator Presidium HIMPUNI, Sutopo Kristanto dan Sekretaris Utama (Sestama) BNPB, Rustian.

"Atas dasar rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sosial, HIMPUNI bekerja sama dengan BNPB membentuk Relawan Tanggap Bencana," katanya. HIMPUNI juga turut mendeklarasikan Pemilu 2024 berjalan dengan damai dan berkualitas.



Sementara itu, Ketua Pelaksana Sidang Tahunan Majelis Umum HIMPUNI 2024, Andi Azwan mengatakan, sidang tahunan kali ini diikuti 99 peserta dari 51 organisasi alumni yang tergabung dalam HIMPUNI serta 45 organisasi alumni. "Jadi sekitar 95% hadir di Kota Bandung tercinta ini," katanya.

Andi mengatakan, kegiatan yang didukung oleh Hutama Karya, PNM, BNI, PP Presisi, IKA ITS, IKA UNPAD, IKA ITB dan IKA UNMUL ini diharapkan dapat berjalan lancar. “Sehingga kita sebagai akademisi bisa menjadi panutan untuk organisasi-organisasi lainnya dan kita bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah yang akan datang," tandasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)