Warga Malang Masih Trauma Tidur Dalam Rumah Pasca Gempa

Senin, 12 April 2021 - 04:52 WIB
loading...
Warga Malang Masih Trauma Tidur Dalam Rumah Pasca Gempa
Rumah warga di Malang, Jawa Timur, rusak akibat gempa bermagnitudo 6,7.
A A A
MALANG - Kecamatan Ampelgading menjadi lokasi terparah di Kabupaten Malang yang terdampak gempa . Tercatat dari data yang masuk hingga Minggu sore (11/4/2021) dari BPBD Malang terdapat 1.225 unit rumah terdampak gempa.

Dari jumlah tersebut 335 rumah mengalami rusak berat, 437 rusak sedang dan 483 rusak ringan. Korban meninggal dunia ada tiga orang masing-masing satu dari Desa Sidorenggo, satu dari Desa Wirotaman dan satu dari Desa Tamansari.

Baca juga: Awas! Pesepeda di Gresik Jadi Incaran Begal Jalanan

Camat Ampelgading Achmad Sovie mengatakan, kerusakan terparah di wilayahnya terjadi Desa Wirotaman, dimana dari data yang masuk kepadanya tercatat ada 117 rusak berat, 119 rusak sedang, dan 103 rusak ringan. Sementara untuk desa-desa lain di wilayah Kecamatan Ampelgading juga mengalami kerusakan, tetapi dengan tingkat yang lebih sedikit ketimbang Desa Wirotaman.

"Mulai hari ini sudah ada kerja bakti pembersihan puing kerusakan serta sudah ada bantuan logistik dari Tagana," katanya Minggu (11/4/2021 ditemui di lokasi gempa.

Baca juga: Dua Mobil Alami Rem Blong Masuk Jurang 25 Meter di Mojokerto, Belasan LUka

Sovie menambahkan, bahwa pasca gempa Sabtu lalu, masyarakatnya masih sedikit mengalami trauma dan ketakutan. Sementara waktu sebagian warga memilih mendirikan tenda di dekat rumah mereka, sampai memastikan situasi aman terkendali terlebih pada Minggu (11/4/2021) pagi sempat terjadi gempa susulan meskipun dengan kekuatan yang lebih rendah dari sebelumnya.

"Sementara juga kami buatkan tenda. Masyarakat masih trauma jika tinggal di rumah. Untuk korban meninggal kemarin sudah kemarin sudah dimakamkan," ungkapnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya juga menyiapkan untuk setiap balai desa untuk dijadikan tempat pengungsian. Seperti di Desa Wirotaman yang terdampak paling parah saat ini sudah dibuatkan posko pengungsian di Balai Desa Wirotaman.

"Sudah kami siapkan semua untuk titik-titik pengungsian. Paling parah di Wirotaman sudah disiapkan di balai desa, dan beberapa tempat lainnya," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5093 seconds (0.1#10.140)