Komunitas Anak Surabaya Bantu Pekerja Jalanan Restorasi Motor Tak Layak Jalan

Jum'at, 09 April 2021 - 09:31 WIB
loading...
Komunitas Anak Surabaya Bantu Pekerja Jalanan Restorasi Motor Tak Layak Jalan
Komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya menggelar donasi kemanusiaan dengan cara merestorasi atau memperbaiki secara total motor yang tak layak pakai. Foto/ist
A A A
SURABAYA - Komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya menggelar donasi kemanusiaan dengan cara merestorasi atau memperbaiki total motor tak layak pakai. Motor-motor ini adalah kendaraan milik warga yang setiap harinya digunakan untuk bekerja di jalanan.

Menurut Koordinator Bold Riders Surabaya Richard Arthur, selama ini pihaknya melihat banyak kendaraan yang tak layak jalan, namun karena faktor ekonomi motor tersebut tetap dipaksa dipakai oleh pemiliknya.

Baca juga: Syaikhona Kholil, Guru Para Pahlawan yang Diusulkan Jadi Pahlawan

Padahal secara safety serta kenyamanan dianggap tidak layak jalan serta bisa membahayakan pemilik dan pengendara lainnya. Dia mencontohkan seperti kondisi mesin serta perlengkapan body dan kaki-kaki motor yang tidak ideal dan jauh dari kata safety.

"Konsep ini sudah kami rancang akhir tahun lalu ketika kami ada acara RIDE THE VIBES, setelah acara itu kami buka PO (pre order) kaos untuk temen-teman anggota Bold Riders, hasil dari PO kaos inilah yang kami gunakan untuk membiayai restorasi ini," kata Richard, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Antrean Jamaah Haji Jatim Terpanjang di Indonesia Capai 1,5 Juta Orang

Setelah dana terkumpul akhirnya disepakati akan ada empat motor yang bakal direstorasi agar layak jalan dan safety. Anak Bold Riders Surabaya ini kemudin melakukan survei, perlu waktu berbulan-bulan untuk benar-benar mendapatkan motor yang tepat, hingga akhirnya dipilih empat motor milik pengguna jalan dari hasil survei tersebut.

"Profil pengguna motor yang kami dapatkan ada seorang pekerja yang setiap hari perjalanan menggunakan motornya Surabaya-Gresik, kemudian ada lagi pekerja yang setiap harinya mengantar nasi ke warung-warung, dia menggunakan motornya setiap hari," urainya.

Pada April 2021 ini motor-motor tersebut rampung direstorasi oleh para mekanik gabungan dari anak-anak motor Bold Riders Surabaya.

Sahal, salah satu pemilik motor yang direstorasi mengaku sangat terbantu dengan program Bold Riders Surabaya ini. Kini dia bisa menggunakan motor bebek buatan tahun 2000-an awal ini tanpa khawatir mogok di jalan. Selama ini dia menggantungkan motor tersebut sebagai alat transportasi untuk bekerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0992 seconds (0.1#10.140)